82 Alumni FH UII Mengikuti Pembekalan Karir

Pembekalan Karir

Sebanyak 82 Alumni FH UII angkatan ke-III mengikuti Pembekalan dari Kampus, Kamis, 7 Juni 2018. Pembekalan Alumni ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan oleh fakultas dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan dalam menghadapi persaingan ketat pasca kelulusan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan koordinasi dengan calon alumni untuk pelaksanaan tracer study yang kelak akan menjadi media kontribusi alumni bagi kampus.

Dalam kesempatan ini, Dekan menyampaikan sambutan dengan mengingatkan kepada seluruh alumni untuk menjaga profesionalitas dan integritas. “Profesional salah satunya diukur pada respon yang rasional, bukan emosional pada setiap persoalan. Itegritas mesti dicapai dengan membiasakan diri berpikir, bersikap, dan berperilaku positif.”

Selain itu, Dekan juga menyampaikan pesan agar menjaga aktivitas agama. “Jagalah shalat, karena ia ibarat matahari. Jagalah puasa, karena ia ibarat bulan. Jagalan zakat dan sedekah, karena ia seperti bumi. Semua kita perlukan untuk hidup bermartabat dan berintegritas.”

Syarif Nurhidayat selaku Direktur Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni (BKKA) menyampaikan pesan keprodian kepada alumni agar dapat terlibat aktif dalam kegiatan tracer study (penelusuran alumni). Kampus berusaha membuat group lulusan yang nantinya akan diguanakan untuk berbagi informasi untuk mempercepat serapan.

Pada materi inti, Bpk. Haryo Seto Ahmad Yani, S., Psi., menyampaikan tiga pokok materi, yaitu teknik penyusunan Curiculum Vitae (CV), Pengenalan Psikotes, dan Teknik Mengikuti Wawancara. Dalam wawancara, seringkali peserta mengabaikan hal-hal yang sepele. Beliau menyampaikan, “51% peserta wawancara gagal karena penampilan yang tidak tepat”.

Terkait alat uji psikotes, alat uji yang banyak dan beragam untuk mengukur berbagai aspek dari diri calon pegawai. Ada yang untuk mengukur daya nalar, daya tahan, kemampuan fokus, kreativitas, konsistensi dll. “Tidak usah bingung dalam pengisian, yang penting fokus dan tampillah sesuai kepribadian diri masing-masing. Jangan sampai berpura-pura, ternyata pekerjaan yang dihasilkan tidak cocok, ujungnya berakhir pada penderitaan yang tidak berujung dalam bekerja.”

Pada akhir acara, dijelaskan terkait teknik pendaftaran oleh Ibu Mirani Desi. “Penuhi semua syarat, terutama jangan lupa tanda tangan hasil refisi skripsi”.

Selamat kepada semua lulusan. Tetap semangat menghadapi berbagai tantangan, semoga sukses selalu dan Allah senantiasa meridhoi. Amin. [syarif_marcommfhuii]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan