Ilmu Hukum UII Akademik Kuliah Mahasiswa Program Doktor Magister Pascasarjana Advokasi Bantuan Hukum Anti Korupsi Syariah Islam Saksi Korban HAM

header2.jpg
Selamat datang di Web Site Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, With Long Tradition of Freedom
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Wakil Dekan Bicara Street Law di Philipina Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Wednesday, 24 December 2008

Kembali, untuk kesekian kalinya wakil dekan FH UII, Nandang Sutrisno, SH.,LLM.,MHum.,Ph.D menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi pembicara pada The 5th Worldwide Conference of the Global Alliance of Justice Education (GAJE) di Ateneo Law School, Rockwell Drive, Rockwell Center, Makati City, Philippines, 7-13 Desember 2008.

 

Konferensi yang bertempat di Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Human Rights Center) Ateneo Law School ini dihadiri lebih dari 50 peserta dari seluruh kawasan di Dunia. Praktisi hukum, dosen dan mahasiswa hukum, perwakilan pemerintah, dan organisasi lainnya yang tertarik pada isu pemajuan hak asasi manusia dan keadilan sosial turut serta berpartisipasi dalam konferensi kali ini. Konferensi ini bertujuan untuk memperkenalkan inisiatif-inisiatif baru dalam dunia pendidikan hukum yang berbasis pada keadilan masyarakat. Tekanannya pada pendidikan hukum berbasis masyarakat atau yang umum dikenal dengan street law.

 

Pak Nandang, sapaan akrab beliau, membicarakan dua isu yang berbeda; Establishing a Community Legal Education (Street Law): A Southeast Asia Experience dan Poverty Lawyering & Legal Empowerment of the Poor: an Opportunity or Challenge for Law School? Dalam presentasinya Pak Nandang mengemukakan tentang pelayanan yang diberikan LKBH FH UII terhadap  orang-orang yang kurang memiliki akses terhadap keadilan dengan membuka pos pelayanan hukum di Imogiri. Tujuannya tak lain untuk lebih mendekatkan lagi akses keadilan pada korban gempa bumi.

 

Beliau juga menambahka, kiprah FH UII dalam pendidikan hukum tidak hanya dengan melibatkan mahasiswa baik dalam pelayanan hukum maupun pendidikan hukum masyarakat tapi juga pemberdayaan hukum masyarakat. “Satu institusi pendidikan hukum dapat berkiprah dalam peningkatan pendidikan hukum masyarakat dan peningkatan akses masyarakat terhadap keadilan”, imbuhnya.

 

Konferensi seperti ini bukan yang pertama kali bagi dosen FH UII jebolan University of Melbourn, Australia ini. Terhitung sejak tahun 2005 sudah 5 kali beliau diundang baik sebagai pembicara maupun sebagai peserta. Sebagai peserta pada konferensi internasional di Hongkong, 2005, dan sebagai pembicara pada konferensi yang diadakan oleh UNISCO PBB bekerjasama dengan Fakultas Hukum se-Iran di Shahim Behesty University, Iran, 2006. Di tahun yang sama, diundang sebagai peserta di Afrika Selatan. Tahun 2007 beliau juga menjadi pembicara pada konferensi internasional yang diadakan oleh John Hopkins University, USA bertempat di Turki, dan sebagai peserta pada konferensi serupa di Philipina (Mahrus).

Pemutakhiran Terakhir ( Wednesday, 09 February 2011 )
 
< Sebelumnya   Berikutnya >
English version of the law school site


Agenda & Kegiatan

 Fakultas-Hukum-UII-Memilih
AGENDA PEMILIHAN KETUA-SEKRETARIS PRODI S1 & PASCASARJANA, KETUA DEPARTEMEN dan KETUA-SEKRETARIS PKPA PERIODE 2014-2018
Pemilihan Calon Ketua Prodi S1 10 Juli 2014, Pemilihan  Calon Ketua Program Pasccasarjana & Calon Sekretaris Prodi S1 14 Juli 2014, Pemilihan Calon Sekretaris Program Pascasarjana 16 Juli 2014, Pemilihan Calon Ketua Departemen, Calon Ketua dan Calon Sekretaris PKPA 17 Juli 2014, Pelantikan  Agustus 2014.
|JogjaTV tiap Kamis 17.00-18.00 |
Selasa, 17 Juni 2014 Studium Generale "Membedah Berbagai Permasalahan yang dihadapi Konsumen di Indonesia, Upaya Solusi dam Perlindungan Hukumnya", Pembicara David L Tobing, SH., M.Kn., Cand. Doktor, Komisioner Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI-Advokat dan aktivis Pembela Konsumen, Jam 13.00 WIB- Ruang Sidang Utama Lantai III, FH UII, Contact person Ratna Hartanto, SH., L.LM.-081328161103, Naviatul Munawarah-083867969276.
Senin - Selasa, 19-20 MEi 2014, Workshop "Pembangunan Hukum Lokal dan Implikasinya terhadap Pembentukan Perda-Perda berbasis Adat dan Agama Era Otonomi daerah"  dan"Pemberdayaan Peran pemerintah Daerah di Wilayah Perbatasan Internasional di Era Otonomi Daerah", diselenggarakan oleh Center for Local Law Development Studies (CLDS) Fakultas Hukum UII. (Diundur pelaksanaan hingga waktu yang belum ditentukan)



 




Tamu On-Line

Saat ini ada 1 tamu online

 
Portal Hurnal
 
 


 
 
 
 
 
  
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
TUV






Kata Sandi hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Anggota: 139
Berita: 514
Pranala: 5