Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

WORKSHOP PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI SOP LAYANAN TERPADU FH

January 6 @ 12:00 am

WORKSHOP PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI SOP LAYANAN TERPADU FH | KAMIS, 28 DES 2017 | 15.15-18.00 WIB | DI RUANG SIDANG UTAMA LT. 3 FH UII

Materi tentang SOP oleh Trisna Samodra

PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN TERPADU

FAKULTAS HUKUM UII

A.      Latar belakang

Universitas Islam Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. Memiliki kampus terpadu di Jl. Kalurang Km 14,5 Yogyakarta, namun masih memiliki dua fakultas besar yang teletak di Condong Catur, Depok, Sleman dan Jl. Taman Siswa 158 Yogyakarta. Selain itu Badan wakaf sebagai induk yayasan juga masih menempati gedung UII di Jl. Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta.

Fakultas Hukum UII terletak di Jl. Taman Siswa No. 158 Yogyakarta lebih kurang 25km dari Kampus Terpadu UII. Memiliki 2.335 mahasiswa aktif dari program S1, S2, dan S3 dan lebih dari 20.000 alumni. Dosen tetap dan tidak tetap sebanyak 80 orang serta terdapat tenaga kependidikan 71 orang. Memiliki kolega dan kerjasama baik dengan perusahaan perseorangan, swasta maupun instansi pemerintah yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

            Fakultas Hukum UII memberikan layanan dalam bidang jasa pendidikan. Menyelenggarakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru, mengelolanya dalam proses pembelajaran untuk meluluskan sarjana baik S1, S2, dan S3. Peroses bisnis yang berjalan mengharuskan dijalankan sebaik mungkin untuk menghasilkan luaran yang diharapkan. Disamping itu proses bisnis tentu akan berhubungan dengan pelaku proses terdiri dari dosen, mahasiswa, dan tendik. Masing-masing pelaku proses mempunyai peran masing-masing yang tentunya diatur dalam bentuk hak dan kewajiban.

            Pada tataran layanan tendik mempunyai peranan yang sangat penting. Memberikan pelayanan kepada stake holder terdiri dari pimpinan, dosen, mahasiswa, sesama tendik, dan pihak luar seperti alumni, orang tua wali, dan yang lainnya. Dalam pelayanan tendik senantiasa dievaluasi melalui kuisioner kepuasan layanan. Oleh karena itu perlu satu sebuah standar pelayanan yang sering disebut Standar Operasional Prosedur (SOP).

            Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen terkait tata cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dengan biaya yang serendah-rendahnya. SOP biasanya terdiri dari manfaat, kapan dibuat atau direvisi, metode penulisan prosedur, serta dilengkapi oleh bagan flowchart di bagian akhir (Laksmi, 2008:52).

            Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII telah memulai penyebutan SOP dalam dokumen mutunya dengan Prosedur Kerja (PK). Yaitu sebuah daftar langkah demi langkah yang harus dilakukan oleh seseorang untuk menyelesaikan satu pekerjaan. Sebagai contoh prosedur kerja pelayanan pendaftaran tugas akhir. Prosedur kerja ini akan menceritakan langkah demi langkah mulai dari mahasiswa mendownload form isian pendaftaran tugas akhir sampai pada pemberian penyerahan premohonan pengajuan tugas akhir kepada ketua departemen.

            Workshop penyusunan dan implementasi SOP pelayanan terpadu di Fakultas Hukum diselenggarakan untuk membuat prosedur-prosedur kerja setiap unit. Harapan dari penyusunan SOP ini adalah tersedianya pedoman pelaksanaan pekerjaan untuk memastikan proses dan mendapatkan jaminan hasil yang memuaskan.

            Namun karena cukup luasnya pengertian pelayanan di FH UII maka akan dibatasi penyusunan SOP hanya pada pelayanan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Mengingat bahwa penilaian konsumen yang diberikan kepada unit erat kaitannya interaksi langsung antara pemberi layanan dan yang dilayani.

B.      Tujuan

  1. Terinventaris kegiatan pelayanan di Fakultas Hukum UII.
  2. Tersusun dan terimplementasi Standard Operatinal Prosedure (SOP).
  3. Usaha untuk pemanfaatan IT untuk memudahkan pencatatan, pembuatan laporan, dan evaluasi.

C.      Peserta

Peserta workshop adalah seluruh tendik administratif Fakultas Hukum UII

D.     Waktu Pelaksanaan

Kamis, 28 Desember 2017

Jam 15.30 s.d. 17.30 WIB

Tempat: Ruang Sidang Utama Lt. 3 FH UII

E.      Anggaran

Terlampir

F.       Penutup

Demikian proposal ini disusun untuk acuan penyelenggaraan kegiatan Penyusunan dan Implementasi SOP Pelayanan Terpadu di Fakultas Hukum UII. Sebagaimana tujuan kegiatan ini maka berharap manfaatnya dapat dirasakan oleh institusi dan tendik yang bersangkutan. Aamiin.

Yogyakarta, 1 Oktober 2017

Tim penyusun,

Details

Date:
January 6
Time:
12:00 am
Event Category: