FH UII Selenggarakan Pra-Rakorja 2012

Fakultas Hukum UII bertempat di Ruang Sidang Lantai III, Hari Jum;at, 16 September 2011 menggelar Pra-Rakorja. Menurut Nurjihad, SH., M.Hum. sebagai Ketau Panitia Pra-Rakorja, acara ini diselenggarakan sebagai ajang untuk mendapatkan masukan-masukan strategis yang nantinya akan dibawa pada Rakorja yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 September 2011.

Pra-Rakorja yang dibuka oleh Dekan FH UII, Dr. Rusli Muhammad, SH., MH tersebut dalam pembukaannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan dirancang dengan berbagai tahapan.Tahapan pertama adalah diskusi yang kedua adalah Pra-Rakorja yang diikuti oleh Dosen Tetap dan Tenaga Kependidikan Tetap untuk memberikan masukan-masukan sebagai bahan Rakorja yang akan dilaksanakan pada 25-25 September 2011,  sehingga dimohon kepada para peserta untuk memberikan masukan-masukan terbaiknya untuk program kerja ke depan demi kemajuan FH UII, dikarenakan ditangan Bapak\Ibu Dosen tetap dan Tenaga Akademiklah maju dan mundurnya FH UII dapat dilaksanakan.
 
Lebih jauh menurut Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. dalam penyampaian kebijakan umum Dekan, kebijakan umum dekan dan program kerja yang telah dilaksanakan dan akan disusun tidak terlepas dari pedoman yang berupa Renstra Universitas, Renstra Fakultas, Program kerja yang disusun pada periode 2010-2011 serta evaluasi manajemen dari Badan Wakaf. Hal-hal yang perlu dicermati pada Program Kerja 2010-2011 adalah sebagai berikut:
 
Bidang Dokumen, Kelengkapan dokumen-dokumen  kegiatan fakultas masih perlu diperhatikan.
Program kerja, program kerja fakultas tidak menemui banyak temuan ketika dilaksanakan audit dari Badan Wakaf.
Bidang Perpustakaan, diperlukan optimalisasi pengelolaan perpustakaan menjadi perpuskaan modern.
Bidang tata kelola keuangan,  diperlukan efisiensi dan efektifitas  pengelolaan keuangan disamping mencari sumber dana baik melalui optimalisasi unit-unit usaha dan Hibah.
Struktur Organisasi, perubahan atau pengembangan organisasi  meskipun masih dalam proses diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi organisasi FH
Bidang SDM, optimalisasi SDM masih perlu dilakukan dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan.
Bidang Penelitian, FH UII merupakan lembaga ilmiah yang tidak hanya melakukan transformasi ilmu saja, sehingga perlu dilakukan oleh dosen-dosen penelitian yang bersifat institusional dalam setiap tahunnya sehingga FH UII juga menjadi sentral atau barometer Pendidikan Hukum di Indonesia.
Bidang kerjasama, kerjasama sudah banyak dilakukan baik dengan MoU atau MoA perlu dilakukan optimalisasi terhadap implementasi hasil kerjasama.
Bidang Pengabdian Masyarakat, melalui LKBH sudah dijalankan dengan baik seperti, konsultasi bantuan hukum, pelatihan/penyuluhan hukum dan pendampingan terhadap kasus-kasus hukum bagi masyarakat.
Bidang Dakwah Islamiah, merupakan bagian dari catur dharma perguruan tinggi sehingga implementasinya perlu ditingkatkan. Implementasi utama catur darma ini adalah melalui takmir masjid.
Bidang Alumni, (1) semakin meningkatkan peran mahasiswa dalam kegiatan ilmiah dan mendorong prestasi-prestasi mahasiswa untuk semakin meningkatkan citra  positif bagi fakultas sehingga ketika menjadi mahasiswa telah lulus dan menjadi alumni akan selalu memberikan nama baik bagi almamaternya (2) Meningkatkan tracer study agar alumni semakin dekat dengan almamaternya dan almamater akan semakin dekat dengan alumninya.
 
Pra-Rakorja 2012 tersebut dibagi dalam beberapa sesi, yaitu:  (1) penyampaian kebijakan umum fakultas (2) presentasi dan masukan program kerja bidang akademik (3) presentasi dan masukan program kerja bidang umum dan keuangan (4) presentasi dan masukan program kerja bidang kemahasiswaan dan alumni.