FH Universitas Pancasakti Kaji Pendirian Program Notariat dan PKPA di FH UII

Progra Notariat dan PKPA FH UII

Dr. H. Nuridin, SH., M.H., selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti bersama-sama rombongan, Senin, 14 Mei 2018 berkunjung ke Fakultas Hukum UII. Kunjungan kali ini bertujuan untuk studi banding dalam rangka persiapan pembukaan Program Pendidikan Khusus Advokat (PKPA) dan Program Magister (S2) Notariat di Universitas Pancasakti Tegal.

Rombongan disambut langsung oleh Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.H. didampingi Direktur PKPA, Dr. Arif Setiawan, Ketua Penyelenggara PKPA, Dr. Abdul Jamil, Kaprodi S1, Bpk. Hanafi Amrani, dan seorang perwakilan penyelenggara Kenotariatan. Dalam sambutannya, Dekan FH UII menyampaikan gambaran umum mengenai Fakultas Hukum UII yang meliputi berbagai program studi termasuk PKPA dan Kenotariatan.

Bpk. Hanafi Amrani selaku Kaprodi S1 menyampaikan profil Prodi secara umum terutama terkait pengelolaan dan pengembangan dosen. Selain itu, juga dijelaskan terkait penguatan standar mutu hingga masa studi mahasiswa. Perwakilan dari Magister menjelaskan mengenai gambaran kurikulum mata kuliah dan ragam dosen yang mengajar.

Dr. Arif Setiawan selaku Direktur PKPA FH UII menjelaskan kedudukan dan gambaran pelaksanaan kelas PKPA. PKPA FH UII berkedudukan permanen. Sehingga jika ada alumni PKPA yang membutuhkan surat atau kebutuhan administrasi lainnya, bisa dilayani dengan maksimal. Saat ini, PKPA FH UII mulai dikembangkan meluas menjadi Pendidikan Profesi Hukum, PKPA nantinya menjadi salah satu dari PPH tersebut. Hal ini mengingat perkembangan dunia hukum itu sendiri.

Dr. Abdul Jamil menambahkan, bahwa lulusah PKPA FH UII hampir mencapai 1500 advokat. Mayoritas mahasiswa PKPA FH lulus ujian Profesi. Hal tersebut tidak terlepas dari keseriusan penyelenggaraan kelas dam menjaga kualitas lulusan. Ada dua kali presensi bagi mahasiswa, di awal dan diakhir, sehingga mereka bisa berdisiplin.

Perwakilan FH Pancasakti menyampaikan beberapa pertanyaan terkait praktek penyelenggaraan PKPA dari anggaran, pengelolaan hingga teknis menghadirkan para pengajar. Kondisi Tegal sebagai kota kecil, mengakibatkan kesulitan dalam pemenuhan pengajar yang profesional.

Rombongan FH Pancasakti dipimpin langsung oleh Dekan didampingi Dr. H. Achmad Irwan Hamzani, SHI., M.Ag. selaku Wakil DekanI, Dr. Sanusi, SH., M.H., selaku Wakil Dekan II, Imam Asmarudin SH., M.H., selaku Wakil Dekan III, dan Dr. H. Mukhidin, SH., M.H., selaku Pengelola PKPA dan Ketua LPBH.

Semoga, kunjungan ini meningkatkan hubungan baik antar FH UII dan FH Pancasakti. Sedikit ilmu dan pengalaman dari FH UII semoga bisa bermafaat. [Syarif_Marcomm_fhuii]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan