HATI-HATI DENGAN PENIPUAN TERKAIT INFORMASI PEMAGANGAN!!!

Dalam rangka antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan mengatasnamakan Fakultas Hukum UII, dengan ini kami menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Fakultas Hukum UII tidak pernah menyelenggarakan pelatihan atau forum ilmiah terkait dengan pemagangan tanpa melalui surat resmi;
  2. Fakultas Hukum UII tidak pernah memberitahukan atau menawarkan program pelatihan atau forum ilmiah melalui pesan singkat (sms) atau pesan elektronik yang lainnya;
  3. Kepada mahasiswa dihimbau untuk tidak tergiur atau terpancing atas anjuran untuk melakukan transfer ke pihak manapun dengan dalih mengikuti pelatihan atau kegiatan ilmiah diluar agenda resmi fakultas;
  4. Mahasiswa agar lebih berhati-hati dan waspada dan apabila ada yang merasa dirugikan atau mengetahui penipuan, agar segera lapor kepada sekretariat dekanat atau aparat yang berwajib;
  5. Mahasiswa agar tidak mudah percaya terhadap informasi akademik yang disebarkan diluar saluran resmi Fakultas Hukum UII (website, kabarkuliah, dan surat resmi). Informasi resmi pemagangan dapat dilihat melalui laman law.uii.ac.id atau menghubungi sekretariat panitia (Pusdiklat FH UII).

Terimakasih. Dekan, Dr. Abdul Jamil, SH, MH


PENGUMUMAN PENTING!!

Kepada Mahasiswa FH UII yang telah melakukan key-in pemagangan maka diwajibkan untuk mengikuti magang pada semester Gasal 2018/2019.  Apabila mahasiswa yang telah key in Mata Kuliah Pemagangan tersebut tidak melaksanakan pemagangan (dengan alasan telah menempuh KKN pada bulan Agustus 2018) maka nilai konversi magang dari KKN tidak akan dikeluarkan.Setiap mahasiswa yang telah mengikuti magang akan diberikan Sertifikat Magang yang dikeluarkan oleh Fakultas Hukum UII. Dasar kebijakan ini ada pada Surat Edaran Dekan yang dapat diakses melalui link berikut ini.

 

JADWAL PENERJUNAN MAHASISWA PEMAGANGAN

Kepada Mahasiswa yang mengikuti pemagangan, bahwa untuk selanjutnya acara penerjunan (sebelum UAS) akan dilaksanakan berdasarkan jadwal berikut ini: (jadwal akan selalu diupdate)

  • Penerjunan I: instansi Kejaksaan (Senin, 1 Oktober 2018, pukul 08.00 WIB). PIC: Ayu Widyawati, SH (Pusdiklat)
  • Penerjunan II: instansi Biro Hukum Setda Provinsi DIY (Rabu, 3 Oktober 2018 pukul 08.00 WIB). PIC: Randa Japutra, SH dan Satria, SH (Pusdiklat). Untuk list mahasiswa dapat dilihat disini. Dan mohon dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Penerjunan III: instansi Sekretariat Daerah Pemda Sleman  (Kamis, 4 Oktober 2018 pukul 08.00 WIB). PIC: Randa Japutra, SH dan Satria, SH (Pusdiklat). Untuk list mahasiswa dapat dilihat disini. Dan mohon dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Penerjunan IV: instansi Pengadilan (Kamis, 4 Oktober 2018 pukul 08.00 WIB). PIC: David Iben, SH (Pusdiklat). Untuk list mahasiswa dapat dilihat disini. Dan mohon dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Penerjunan V: instansi Advokat/Pengacara (Senin, 8 Oktober 2018) dilakukan dengan pembagian waktu sebagai berikut: Kantor Hukum Jaya Putra Arsyad (pukul 08.30), PBH Peradi/P2UPTP2TP2A (pukul 09.00), Wahyu Priyanka and Partner (pukul 10.30), dan Kantor Hukum Irsyad Thamrin (pukul 11.00). PIC: Ayu Widyawati, SH. Untuk list mahasiswa silahkan dapat dilihat disini. Dan mohon dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Penerjunan VI: instansi Notaris/PPAT (Selasa, 9 Oktober 2018) dilakukan dengan pembagian waktu yang diberitahukan melalui pesan pendek (sms). PIC: Titie Rachmawati, SH (Kelas A) dan Johan Robbi, SH (Kelas B). Untuk list mahasiswa kelas A silahkan dapat dilihat disini dan mohon agar dapat masuk grup whatsapp melalui link ini. Untuk list mahasiswa kelas B silahkan dapat dilihat disini dan mohon agar dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.

 

PEMBAGIAN INSTANSI PEMAGANGAN

Kepada Yth. Mahasiswa/i yang mengikuti pemagangan, berikut ini adalah daftar pembagian instansi pemagangan dan juga link grup whatsapp untuk memudahkan komunikasi dan evaluasi:

  • Kelas A, untuk instansi Notaris/PPAT silahkan dapat dilihat disini. Dan mohon agar dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Kelas B, untuk instansi Notaris/PPAt silahkan dapat dilihat disini. Dan mohon agar dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Kelas C, untuk instansi Pengadilan silahkan dapat dilihat disini. Dan mohon dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Kelas D, untuk instansi Advokat silahkan dapat dilihat disini. Dan mohon dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Kelas E, untuk instansi Biro Hukum dan DPRD silahkan dapat dilihat disini sedangkan untuk instansi Pemda Sleman dapat dapat dilihat disini. Dan mohon dapat masuk grup whatsapp melalui link ini.
  • Kelas G, untuk instansi Kejaksaan silahkan dapat dilihat disini. Dan mohon dapat masuk group whatsapp melalui link ini.

 

JADWAL PEMBEKALAN PEMAGANGAN DAN PEMBAGIAN KELAS

Kepada Mahasiswa yang telah melakukan registrasi pemagangan, maka diwajibkan untuk mengikuti PEMBEKALAN MAGANG dengan jadwal dan pembagian kelas sebagaimana terlampir dibawah (klik link untuk mendownload file):

  • Pembekalan I (Selasa, 25 September 2018) – Kelas A, B, D, I, J
  • Pembekalan II (Rabu, 26 September 2018) – Kelas G, H
  • Pembekalan III (Kamis, 27 September 2018) – Kelas C, E, F

 

TIMELINE PEMAGANGAN SEMESTER GASAL 2018/2019

Terlampir (gambar dibawah) adalah pengumuman jadwal pemagangan pada Semester Gasal 2018/2019. Mahasiswa FH UII yang telah melakukan key-in pemagangan wajib mengikuti magang sesuai dengan pedoman dan aturan yang telah ditetapkan oleh FH UII. Buku Pedoman dan Buku Perkembangan Magang akan dibagikan saat pembekalan magang yang akan dilangsungkan pada minggu terakhir bulan September 2018.

 

DASAR PELAKSANAAN PEMAGANGAN DI FH UII

Sebagai landasan hukum pelaksanaan pemagangan untuk mahasiswa FH UII pada Semester Gasal 2018/2019, maka telah disahkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia No. 66/Dek-60/SK/Div.URT/H/IX/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Pemagangan (Internship) dan Daftar Mahasiswa yang Mengikuti Mata Kuliah Pemagangan pada Semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019. Adapun Surat Keputusan Dekan dimaksud dapat diunduh disini.