Pra-Rakorja 2013

Fakultas Hukum UII, Rabu, 29 Agustus 2012. Pra Rakorja merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya di Fakultas Hukum UII. Pra Rakorja kali ini dimaksudkan untuk menyampaikan gambaran realisasi dan evaluasi RKAT yang telah dilaksanakan pada tahun 2012.

Selain sebagai media penyampaian realisasi dan evaluasi RKAT, Pra Rakorja juga digunakan untuk menampung aspirasi-aspirasi dari Dosen dan Tenaga Kependidikan untuk dibawa ke tingkat Rakorja guna menyusun dan menyempurnakan RKAT 2013. Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan Fakultas Hukum UII ) Dr. H. Rusli Muhammad, SH., MH.  ketika membuka Pra-Rakorja 2013 pada Rabu 29 Agustus 2012 yang diikuti oleh segenap Pejabat Struktural, Kepala-Kepala Unit, segenap Dosen dan Tenaga Kependidikan dilingkungan FH UII.
Pada kesempatan tersebut juga disampaikan presentasi Bidang I, II dan Bidang III yang disampaikan oleh :
(1) Dr. H. Rusli Muhammad, SH., MH. selaku Dekan memberikan arahan dan  kebijakan umum yang telah dilaksanakan pada tahun 2012 sekaligus sebagai penanggung jawab Bidang III menyampaikan bahwa meskipun saat ini di Fakultas Hukum sudah dibentuk unit yang menangani bidang kemahasiswaan dan alumni namun beliau berharap ada struktur organisasi yang menangani Bidang III terdapat dalam Struktur Organisasi Fakultas.
(2) Kepala Program Studi S-1 Karimatul Ummah, SH., M.Hum., menyampaikan  Realisasi dan Evaluasi serta hambatan-hampatan RKAT 2012 yang telah dilaksanakan oleh Program Studi S1 yang meliputi Penguatan Tata Kelola, Penguatan Keunggulan dan Kulitas Akademik dan Optimalisasi Peran Civitas Akademika menuju WCU.
(3) Dr. Saifudin, SH., M.Hum, selaku Wakil Dekan, menyampaikan Realisasi dan Evaluasi serta hambatan-hampatan RKAT 2012 Bidang II yang terdiri : bidang Administrasi dan Umum, Bidang Pengelolaan Keuangan dan Kesejahteraan, Bdang Pengelolaan SDM serta Bidang Penyediaan Sarana  dan Pra-Sarana.
(4) Dr. Ni’matul Huda, SH., M.Hum., selaku Ketua Program Studi Pascasarjana menyampaikan beberapa permasalahan yang hingga saat masih dihadapi terkait diadakannya multikampus di Jakarta, Kerjasama denagn Unversitas Sumatera Utara, Kerjasama antara Prodi Farmasi FMIPA UII dengan program pascasarjana (magister/S2) FH UII pada jurusan Hukum Kesehatan, Kerjasama dengan Bank Indonesia untuk melaksanakan pelatihan Perbankan Syariah serta Rencana Pengembangan Perpustakaan.Pada Kesempatan tersebut Dr. Ni’matul Huda, SH., M.Hum., juga menyampaikan bahwa Pascasarjana sudah mempersiapkan Tim untuk persiapan akreditasi S3 pada tahun 12 ini, disampaikan juga perkembangan perkuliahan melalui video teleconference setelah mendapatkan hibah peralatan video teleconference dari South Carolina.
(5) Dr. Drs. Rohidin, S.Ag., selaku Sekretaris Pendidikan Khusus Provesi Advokad (PKPA) menyampaikan bahwa Program kerja PKA ini merupakan implementasi dari aspek tridaharma perguruan tinggi yaitu aspek pembelajaran dan telah dilaksanakan dengan sukses. Hal ni dapat dilihat bahwa saat ini satu-satunya PKPA di Yogyakarta yang mampu bertahan untuk melaksanakan program dari PERADI untuk menyelenggarakan pendidikan PKPA hanyalah di FH UII, ini terbukti dari animo peserta yang mengikuti PKPA tetap tinggi (50 Peserta/Angkatan).
Acara yang dimulai sejak pukul 12.30 sampai dengan pukul 17 tersebut berjalan dengan baik dan berhasil menampung ide-ide serta gagasan-gagasan yang selanjutnya akan dibawa ke tingkat Rakorja sehingga bermanfaat untuk perbaikan kinerja FH UII untuk tahun kedepan.