, ,

PSKPM Menyelenggarakan Diseminasi Hasil Penelitian Tesis, Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah

[KALIURANG]; Penulisan Tesis di Program Studi Kenotariatan Program Magister (PSKPM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah  satu komponen yang wajib dipenuhi oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar magister. Sebagai bentuk komitmen program studi dalam mengoptimalkan keberhasilan masa studi lulusan, PSKPM menyelenggarakan kegiatan diseminasi penelitian tesis kepada mahasiswa angkatan 2022 Semester 2 untuk memberikan input pengetahuan terhadap logika metodologi riset dan cara menerjemahkan isu penelitian hukum ke dalam penulisan tesis. Kegiatan ini diisi oleh para lulusan magister yang kompeten dari beragam perguruan tinggi hukum.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pengayaan ilmu kepada mahasiswa semester kedua Program Studi Kenotariatan Program Magister guna mempersiapkan diri agar memiliki proyeksi terhadap rancangan penelitian yang akan mulai dikerjakan pada semester dua dan setelahnya. Harapannya melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa memperoleh keterampilan dalam menerjemahkan isu penelitian ke dalam rencana penulisan tesisnya ataupun mengembangkan dan mencari novelty dari hasil-hasil studi yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya.” tutur Kaprodi PSKPM, Dr. Nurjihad.

 

Workshop Diseminasi Tesis pada Program Studi Kenotariatan Program Magister (PSKPM) dilaksanakan pada hari Selasa (31/10) dengan menghadirkan narasumber diantaranya adalah Sheila Noor Baity, S.H., LL.M. (Vrije Universiteit Amsterdam) mendiseminasikan tesis berjudul “The Green Bond Standard and Risk of Greenwashing: A COMPARATIVE LEGAL ANALYSIS BETWEEN INDONESIA’S AND THE EU APPROACH”,  Catur Septianarakhmawati (Universitas Gadjah Mada) yang mendiseminasikan  tesis berjudul “Pengaturan Cross-Border Merger dan Akuisisi dalam Konteks Hukum Persaingan  Usaha di Tingkat  Asean (Kajian Perbandingan  Regulasi Cross-Border Merger dan Akuisis di Asean dan Uni Eropa”, dan turut menghadirkan Iqbal Zaky, S.H., M.Kn (Universitas Islam Indonesia)yang mendiseminasikan  tesis berjudul “ Pertimbangan Hukum Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Memberikan Ijin Pemanggilan Notaris Oleh Penyidik” serta didampingi moderator Adelia Kusuma Wardhani, S.H., M.Kn. Agenda berjalan secara aktif dengan dihadiri antusias oleh mahasiswa semester dua PSKPM.