Aspek Hukum Perlindungan Data Pribadi dalam Praktik Penggunaan Big Data pada Industri Pemasaran Digital
Universitas Islam Indonesia
Universitas Islam Indonesia
Perkembangan teknologi informasi saat ini telah berdampak pada industri pemasaran barang dan/atau jasa yang semula dilakukan melalui pemasaran konvensional saat ini sudah sangat jamak ditemui pemasaran produk secara digital. Melalui penggunaan analisis big data, pelaku usaha dapat memanfaatkan data secara real time melalui targeted advertising yang terkoneksi antara marketplace tertentu dengan media sosial sehingga konsumen akan terpapar pemasaran produk sejenis saat yang bersangkutan membuka media sosial miliknya. Penelitian ini bermaksud mengkaji bagaimana aspek hukum perlindungan data pribadi dalam praktik penggunaan big data pada industri pemasaran digital dan bagaimana legalitas penggunaan data pribadi dalam pemasaran melalui pola targeted advertising di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan perlindungan atas data pribadi termasuk namun tidak terkecuali pada nama, alamat email, serta data-data lain telah terinput ke dalam system yang dikelola oleh marketplace dan seharusnya tidak disebarluaskan tanpa seizin dari pemilik data tersebut. Penggunaan pemasaran melalui targeted advertising di media sosial tanpa seizin pemilik data termasuk ke dalam perbuatan melawan hukum.
Kata-Kata Kunci : Perlindungan Data Pribadi, Pemasaran Digital, Media Sosial
Buku
Peraturan Perundang-undangan
Karya Ilmiah
Data Internet
Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang KM. 14,5 Sleman Yogyakarta 55584
Telepon: +62 274 7070222 ext.
Email: fh[at]uii.ac.id