, ,

PSHPS FH UII Kenalkan Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Penulisan Tugas Akhir Sesuai Kaidah Etika Penulisan

Pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023, Program Studi Hukum Program Sarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Bursa ide Penulisan Tugas Akhir. Dalam sesi pertama kegiatan ini, Prodi mengundang pakar teknologi dan informasi dari UII, Bapak Hendrik, S.T., M.Eng. yang merupakan Dosen FTI UII dengan paparan berjudul “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa”.

“Saat ini untuk mendukung kegiatan riset sudah ada pengembangan model berupa Large Language Model. Hanya saja output yang dikeluarkan oleh LLM adalah sifatnya prediktif. Namun ada banyak LLM yang juga dpt dimanfaatkan seperti BERT, GPT, Claude, LaMDA, LLsMA, DALL-E. Sehingga intinya tetap bahwa informasi yang diberikan LLM dengan data atau bahan hukum yang ada agar hasil kajian riset mahasiswa dapat dimanfaatkan. Dan peran dosen sangat tinggi untuk mencermati hasil analisis mahasiswa.”

Demikian paparan narasumber Hendrik, S.T., M.Eng. 

Dalam sambutannya, Sekretaris Program Studi Hukum Program Sarjana FH UII, Bagya Agung Prabowo, S.H., M.Hum., Ph.D. menyampaikan bahwa: “Sebagai upaya meningkatkan reputasi penelitian tugas akhir mahasiswa, Prodi Sarjana Hukum UII menyelenggarakan workshop pemanfaatan aplikasi artificial intellegence”.

Sesi kedua acara dilanjutkan dengan Bursa Ide Penulisan Tugas Akhir dimana masing-masing Mahasiswa diperkenankan untuk mendiskusikan ide-ide Penelitian pengan masing-masing Dosen perwakilan Departementet di Prodi Hukum Program Sarjana FH UII. Dosen Perwakilan tersebut meliputi Prof. Dra. Sri Wartini, S.H., M.Hum. (Departemen Hukum Internasional), Eko Riyadi, S.H., M.H. (Departemen Hukum Tata Negara), Syarif Nurhidayat, S.H., M.H. (Department Hukum Pidana), Siti Rahma Novikasari, S.H., M.H. (Department Hukum Administrasi Negara), Ayu Izza Elvany, S.H., M.H. (Departemen Hukum Pidana), Dr. Nurjihad, S.H., M.H. (Departemen Hukum Perdata), dan Ratna Hartanto, S.H., LL.M. (Departemen Hukum Perdata).

Di akhir acara, Ketua Program Studi Hukum Program Sarjana FH UII, Dodik Setiawan Nur Heriyanto, S.H., M.H., LL.M., Ph.D. mengungkapkan bahwa “Program Studi sangat berharap kegiatan ini dapat menjadi kultur diskusi sehingga data diketahui sejauh mana pemanfaatan teknologi dalar riset yang dilakukan Mahasiswa. Selain itu, sebagai bentuk antisipasi, Prodi juga sedang mendorong Universitas untuk melanggan aplikasi untuk mendeteksi penggunaan LLM/ChatGPT atau sejenisnya agar kualitas publikasi mahasiswa dapat terjaga dengan baik.”

Acara diikuti ratusan mahasiswa dan beberapa dosen Fakultas Hukum UII. Acara diselenggarakan secara hybrid.