Pusdiklat FH UII Bersama Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI) Mengadakan Pelatihan Hukum Bersertifikasi Berkompetensi Perwakafan dengan tema Diklat Kompetensi Waqf Legal Specalist

[KALIURANG]; Pusat  Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI) menyelenggarakan pelatihan hukum dengan tema “Diklat Kompetensi Waqf  Legal Specialist”. Pelatihan ini merupakan pelatihan sertifikasi kompetensi yang pertama kali diadakan oleh Pusdiklat FH UII yang diselenggarkan selama 2 (dua) hari pada tanggal 7-8 Mei 2024 bertempat di ruang mini aduditorium dan audiovisual Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa anggota takmir Al Azhar dan mahasiswa yang akan wisuda pada periode bulan Mei 2024. Pelatihan tersebut diselenggarakan dengan maksud membuka wawasan kepada mahasiswa bahwa dunia hukum terdapat profesi Waqf Legal Specialist.

Pelatihan menghadirkan pemateri dari pihak YEWI Yusri Akhyar, CWP, CWS., yang menyampaikan materi tentang “Peraturan Perundangan Perwakafan”, Roy Renwarin, CWP, CWS., terkait “Peraturan Perundangan Perwakafan 1 dan 2”.  Heryawan Septianto Nugroho, CWC, CWR., terkait “Perencanaan dan Pemetaan Wakaf Uang 1 dan 2” dan M. Ali Sukrajap, CWC, CWR tentang “Penghimpunan dan Pengelolaan Wakaf Uang”. Selain pemaparan materi terdapat ujian tertulis dan presentasi yang diuji langsung oleh pemateri. Ujian dilakukan untuk menilai apakah peserta berkompeten di bidang perwakafan.

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diklat juga akan memperoleh gelar sertifikasi dibidang perwakafan serta akan ada pendampingan selama 90 hari hingga rekomendasi penempatan kerja profesi setelah pelaksanaan pelatihan hukum berkompetensi intensif 30 jam atau 2 (dua) hari di Fakultas Hukum UII. Acara ini ditutup oleh Prof. Dr. Budi Agus Riswandi S.H., M.Hum. selaku dekan FH UII, dalam sambutannya beliau mengharapkan para peserta yang mengikuti Pelatihan “Diklat Kompetensi Waqf Legal Specialist” dapat menjadi duta wakaf bagi FH UII, khususnya mahasiswa anggota takmir Al Azhar dan dilanjutkan sesi foto bersama.