Pimpinan FH UII Adakan Pisah Sambut Petugas Keamanan

Taman Siswa (1/7) Fakultas Hukum UII per 1 Juli 2019 kedatangan tenaga baru menggantikan petugas lama. Wakil Dekan Sumber Data FH UII menyambut sekaligus melepas dalam acara yang diselenggarakan Senin, 1 Juli 2019 pada pukul 10.00 WIB di Ruang Sidang VIP FH UII. Ada sebanyak 9 personil yang saling tugas dan masing-masing penempatan sesuai dengan pengaturan yang dilakukan oleh Direktorat Sumber Daya Universitas. Sesuai kebijakan yang diambil maka seluruh petugas keamanan di seluruh UII dirolling dan hanya satu orang petugas yang ditetapkan tinggal.

Dekan FH UII, Abdul Jamil menyampaikan bahwa petugas keamanan mempunyai kewajiban utama untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi mahasiswa dan kolega institusi. “Petugas keamanan tidak hanya melayani pimpinan, sehingga ketika pimpinan datang layanan kepada yang lain kemudian di tinggal. Tidak!” tegas Abdul Jamil. Ketika sedang melayani mahasiswa atau tamu silakan diselesaikan terlebih dahulu! imbuhnya.

Walaupun sebagai petugas keamanan pada berbagai unit relatif sama, namun ketika ditempatkan di Fakultas Hukum tentu saja terdapat perbedaan. Aktifitas mahasiswa FH UII hampir menyentuh di pukul 24.00 WIB, bahkan jika dibiarkan, pasti akan melewati. Karena sampai beberapa kali Divisi Umum FH UII harus menjelaskan ulang bagi beberapa mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang mencoba menawar untuk dapat meminjam fasilitas dan ruang sampai lebih dari jam 00.00 WIB, demikian uang Fitriati Khatimah selaku Kepala Divisi Administrasi Umum dan Rumah Tangga. Dan tentunya juga harus sabar, karena anak-anak kami (mahasiswa FH UII) terkenal kritis dan cerdas. Hati-hati kalau diajak berdebat sama adik-adik mahasiswa, harus pinter dan bijaksana, tambahnya.

Adapun daftar petugas keamanan yang menggantikan petugas lama adalah Alfi Nurjihad, Muhammad Amin, Sugiyarto, Wahyu Pratikna, Jatmiko, Nugroho Budi Laksono, Tri Gunawan Mudjihardjo, Mundoyo, serta satu orang yang masih tetap adalah Agus Wahyu Widayat. Sementara petugas keamanan lama yang ditugaskan ke unit lain adalah Andri Priyatmoko, Sutardi, Purwanto, Partana, Supriyanto, Sariyanto, Tri Sarjiyono, dan Sutarno.

Kesan selama bertugas di FH UII menurut Purwanto adalah diikutsertakan dalam training Bahasa Inggris dalam rangkan meraih sertifikasi AUN-QA. Tentu saja akan menjadi bekal dan pengetahuan tambahan bagi kami, jelasnya. Sedangkan personil lainnya menyampaikan bahwa tugas di FH walaupun lingkungannya dinamis dan variatif, namun suasana persaudaraan dan kehidupan sosial sangat erat. Termasuk banyaknya kegiatan yang diselenggarakan oleh FH UII dan unit-unit di bawahnya menjadikan kami tenaga yang energik. Dan enaknya panitia penyelenggara pada pengertian, mahasiswanya pun demikian. “Banyak oleh-oleh yang diberikan kepada kami”, ungkap personil lainnya.

Pada akhir acara pisah sambut, Wakil Dekan Sumber Daya Hanafi Amrani atas nama keluarga besar FH UII menyampaikan ucapakan terimakasih kepada para petugas keamanaan lama. Kerja keras, dedikasi, dan pengorbanan yang sudah dilakukan semoga mendapatkan ridha Allah SWT dan mendapatkan barakah serta hikmah yang tidak ternilai. Tentunya dari pengalaman yang sudah diperoleh dapat bermanfaat di unit yang baru untuk ditularkan. Selain itu kami juga minta dimaafkan atas segala bentuk kekurangan dan hal-hal yang tidak berkenan di hati.

“Untuk para petugas keamanaan yang baru, diucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan FH UII. Semoga krasan dan cepat menyesuaikan ritme kerja di lingkungan FH. Hal yang baik dari unit lama seyogyanya dilestarikan dan dibudayakan, namun hal yang kurang pantas semoga dapat diperbaiki dan atau dapat ditinggalkan setelah tugas di Taman Siswa,” disampaikan sebagai kalimat penutup Beliau dalam seremonial acara pisah sambut petugas keamanan.