,

Alumni Fakultas Hukum Siap Terjun Di Dunia Kerja

[KALIURANG]; Wisuda bukanlah akhir dari perjuangan, masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya mencari pekerjaan. Oleh karena itu, Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan Pembekalan Alumni Periode I Ganjil 2022/2023. Agenda ini dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) melalui media Zoom Meeting pada Kamis (4/8).

Pembekalan kali ini dibuka oleh Dekan FH UII, Prof. Dr. Budi Agus Riswandi, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan alumni harus memiliki i kecerdasan intelektual yang mumpuni dan dituntut memiliki akhlak keislaman yang baik.

“Para alumni FH UII, hendaknya memperhatikan dan menjalin komunikasi yang baik dengan sesama alumni. Pada agenda kali ini hendaknya, para alumni yang baru saja di wisuda memperhatikan serta menyimak kisah inspirasi dari para narasumber agar menjadi bekal untuk melanjutkan perjalanan karier kedepannya.” jelas Prof. Budi.

Dalam rangkaian Pembekalan Alumni terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber salah satunya alumni. Sheila Maulida Fitri, S.H., M.H., alumni FH UII baik dari program sarjana dan magister. Sheila saat ini bekerja menjadi Asisten Ahli Staff Khusus di Menteri Pertahanan Republik Indonesia (RI). Ia memberikan motivasi dan tips kepada para wisudawan. Ia berbagi cerita saat masih menjadi mahasiswa dan sepak terjang saat menjadi fresh graduate hingga kini menjadi Asisten Ahli Staff Khusus.

Lebih lanjut, Sheila memaparkan jika nanti bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan jangan merasa sedih bahkan overthinking. Anggap hal tersebut menjadi batu loncatan dan ilmu baru yang dipelajari. Ia juga menekankan untuk jangan terlalu idealis dengan ilmu yang dimiliki, pergunakanlah ilmu untuk survive dan fleksibel dalam menghadapi tantangan dalam mencari dan menciptakaan pekerjaan.

“Jangan mudah tersinggung dalam dunia kerja, karena saat bekerja suasananya berbeda dengan saat kuliah mengikuti mata kuliah di kelas. Sebagai orang baru, kita harus haus akan ilmu dan jangan pernah menolak kesempatan yang diberikan. Pimpinan atau atasan akan menilai kinerja kamu dari situ.” tambah Sheila.

Selain alumni, pihak kampus juga memberikan materi melalui Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan (DPK) yaitu Nur Pratiwi Novianti, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Kepala Divisi Pengembangan Karir DPK). Nur Pratiwi menjelaskan tentang apa saja yang perlu dipersiapkan oleh fresh graduate jika ingin masuk ke dunia kerja dan wawancara yang dilakukan secara daring. DPK juga memberikan fasilitas yang dapat dipergunakan oleh alumni dalam mencari pekerjaan seperti grup pada Telegram. Pada grup tersebut berisikan informasi tentang job fair dan lowongan pekerjaan.

 

Pembekalan Alumni diakhiri dengan penjelasan akademik yang disampaikan oleh Mirani Desi Ekawati, S.E  (Kepala Urusan Asesmen Perkuliahan FH UII). Demikianlah Pembekalan Alumni yang terlaksana dengan lancar. Semoga seluruh ilmu yang didapatkan di FH UII bermanfaat bagi seluruh lulusan. Aamiin.