,

PBH Peradi Sleman dan FH UII Jalin Kerjasama Pendidikan, Pelatihan Hukum dan Pemagangan

Penandatanganan MoU antara PBH Peradi Sleman dengan FH UII Yogyakarta ( Dok.PBH Peradi Sleman)

Pusat Bantuan Hukum Perhimpunan Advokat Indonesia (PBH Peradi) Kabupaten Sleman melakukan MoU atau penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) Yogyakarta di lantai 3 Gedung FH UII Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Sleman, Jumat (12/8/2022).

Hadir dalam acara penandatanganan Dekan FH UII, Prof Dr Budi Agus Riswandi SH MH dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FH UII, Drs Agus Triyanta MA MH PhD dan sejumlah pegawai dan karyawan FH UII.

Selain itu juga dihadiri Ketua PBH Peradi Klaten dan Ketua PBH Peradi Sleman sekaligus menandatangani MoU kerja sama Alun Bayu Krisna SH MH dan Sekretaris PBH Peradi Sleman Achamd Deva Permana SH MSc.

Dalam MoU kerjasama No 553/DEK/01/Div.URT/VIII/2022 dan No 01/PBH-PKRS/VII/2022 tersebut dibuat dalam dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris.

MoU tersebut berisikan kerja sama dalam bidang Pelaksanaan dan Pengembangan Kegiatan Pendidikan, Pelatihan Hukum dan Pemagangan.

“Kerja sama ini merupakan kerja sama ketiga PBH Peradi Sleman dengan lembaga dan institusi lain dan sekaligus kerja sama pertama PBH Peradi Sleman dengan universitas dalam bidang pendidikan dan pelatihan,” ujar Alun Bayu Krisna SH MH disela-sela acara.

Untuk itu ke depan para pihak berharap kerja sama tersebut menjadi momentum awal sebuah kerja sama yang sinergis dan berkesinambungan antara kedua institusi yakni universitas dan organisasi advokat.

Selain kerja sama dalam bidang Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), PBH Peradi sebagai organ dari Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) di daerah memiliki tugas-tugas pengabdian masyarakat dan pendidikan selain tugas pendampingan hukum baik litigasi maupun non litigasi.

Untuk itu kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan diberikan bagi para mahasiswa, calon penegak hukum lainnya dan masyarakat pada umumnya.

Progam kerja yang akan dilaksanakan PBH Peradi Sleman dan FH UII diantaranya penerimaan mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah pemagangan di FH UII, menjadi narasumber dalam pelatihan dan workshop Pusat Pendidikan dan Pelatihan FH UII (Pusdiklat FH UII) serta membuka pelatihan keahlian bagi para advokat dalam bidang kemahiran hukum tertentu.

“Dipilihnya FH UII sebagai mitra kerja sama PBH Peradi Sleman karena memiliki kredibiltas yang tinggi sebagai salah satu fakultas hukum terbaik di Indonesia yang telah terakreditasi A tingkat nasional. Selain itu FH UII cukup dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai kampus pencetak advokat dan birokrat terbaik di Indonesia,” tegas Alun.

 

Berita tersebut telah dimuat pada harianmerapi.com 12 Agustus 2022