, ,

Tim Delegasi KPS FH UII Raih Juara 1 National Moot Court Competition Piala Fransseda 2024

[KALIURANG]; Tim delegasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Peradilan Semu (KPS) Program Studi Hukum Program Sarjana (PSHPS) Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII), berhasil meraih Juara 1 National Moot Court Competition Piala Fransseda yang diselenggarakan oleh FH Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta.

Proses perlombaan ini dimulai sejak akhir Oktober yaitu fase pendaftaran dan open recruitment anggota delegasi. Kemudian mulai ke fase persiapan yaitu tahap pemberkasan dari tanggal 1 November 2023 sampai dengan tanggal 20 Februari 2023. Dalam tahap persiapan ini delegasi mempersiapkan penampilan presentasi pada tahap 1 kompetisi, selain itu juga menampilkan simulasi persidangan untuk kompetisi tahap 2. Kemudian fase terakhir perlombaan ini adalah fase closing ceremony sekaligus dengan pengumuman juara.

Karena persiapan perlombaan selama 7 (tujuh) bulan, selama masa persiapan anggota delegasi mendapatkan banyak pengalaman dan cerita menarik. Banyak suka duka yang dialami anggota delegasi selama mempersiapakan perlombaan ini, mulai dari jarang bertemu keluarga hingga merelakan kesenangan sesaat untuk tujuan yang pasti yaitu perlombaan ini. Selama masa pemberkasan, anggota delegasi memiliki bootcamp khusus yang dinamai sebagai ruber atau “rumah bersama”. Bootcamp ini menjadi tempat bagi anggota delegasi dalam mempersiapkan kompetisi ini, makan bersama, sholat berjamaah, hingga tadarus Al-Qur’an bersama, sehingga karena selalu berkumpul membuat anggota delegasi terasa lebih erat layaknya keluarga.

Dengan panjangnya masa kompetisi dan banyak pengalaman suka duka yang anggota delegasi alami, hingga menumbuhkan nilai prihatin yang hanya didapat ketika akan mengikuti NMCC saja. Sehingga segala doa usaha dan perjuangan delegasi selama mempersiapkan kompetisi ini, dapat memetik hasil yang sangat manis sehinnga menjadi suatu kebanggaan karena dapat mengharumkan nama kampus Universitas Islam Indonesia.

Andang Bramanto (21410663) sebagai ketua delegasi mengatakan tidak memiliki tips khusus untuk memenangkan perlombaan ini. Cukup berbekal menjaga hubungan baik kita dengan Allah SWT, kedua orang tua, teman sekitar kita, dosen yang selalu membantu memberi ilmu, dan tidak pernah malas dalam membaca, menulis, dan berdiskusi. Karena kegagalan sumbernya berasal dari ketidaktahuan dan timbulnya akan adanya rasa malas.

Dengan persiapan lomba yang cukup padat, anggota delegasi dituntut harus memperhatikan kewajiban utama sebagai mahasiswa yaitu membagi waktu dengan waktu perkuliahan. Meskipun terfokus untuk latihan persiapan perlombaan, kuliah tetap prioritas utama yang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga setelah selesai waktu kuliah, fokus anggota delegasi kembali untuk mempersiapkan kompetisi, dan ini terus berlangsung dan konsisten selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan.

Agar selalu termotivasi, anggota delegasi menanamkan mindset bahwa dalam mengikuti perlombaan ini, tidak semata-mata untuk mencari pengalaman dan relasi saja, melainkan juga mempertahankan tradisi juara dan membawa nama Universitas Islam Indonesia. Tentunya dibersaai dengan usaha dan doa, serta keyakinan bahwa perjuangan tidak akan mengkhianati hasil. Motivasi selanjutnya yang selanjutnya datang dari alumni dan senior Alumni FH UII yang berhasil dan sukses di dunia praktisi dan akademisi sehingga patut dan harus dicontoh jejak serta teladan mereka.

Dalam perjalanan meraih Juara 1 NMCC Piala Fransseda ini, delegasi KPS FH UII didampingi oleh beberapa dosen pembina yaitu  Teguh Sri Raharjo, S.H., Dr. H. Mahrus Ali, S.H., M.H., Wahyu Priyanka Nata Permana, S.H., M.H., dan Rizky Ramadhan Baried, S.H., M.H. Selain itu delegasi juga dibimbing dan didukung oleh Alumni dan Senior di KPS FH UII sehingga delegasi sukses dalam menjalani kompetisi ini.

Andang mengatakan bahwa anggota delegasi KPS FH UII, sangat bangga dan senang dapat memberikan sedikit kado spesial untuk UII sebagai kampus yang telah memberikan banyak ilmu dan manfaat. Andang juga berpesan kepada teman-teman mahasiswa bahwa pendidikan adalah senjata paling kuat yang bisa digunakan untuk mengubah dunia. Kalau mimpimu besar, usahanya tidak boleh kecil karena kesuksesan tidak datang hanya dengan menunggu saja, akan tetapi kesuksesan itu datang ketika kita berani mencoba, berani gagal, dan berani memulai. Tidak harus cepat, tapi harus tepat, tidak harus sekarang, tapi harus diusahakan dari sekarang, karena hidup bukan tentang kecepatan tapi tentang arah.