,

Daffa Raih 3 Emas Sekaligus di Kejuaraan Taekwondo

Muhammad Daffa Wahyu Putra (20410434), mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih tiga medali emas di kejuaraan cabang olahraga (cabor) Taekwondo.

Pertama, Daffa meraih emas pada kelas Poomsae Individual Senior Putra, di Kejuaraan Daerah Taekwondo Indonesia 2022 di Yogyakarta. Gelaran yang diselenggarakan Pengurus Daerah Taekwondo Indonesia DIY tersebut berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu – Minggu, 18-19 Juni 2022.

Sebulan berselang dari kejuaraan tersebut, Daffa kembali mengikuti Kejuaraan Cirebon Open pada Sabtu – Minggu, 30-31 Juli 2022. Pada kejuaraan ini, Daffa kembali meraih medali yaitu dua emas sekaligus pada kelas Individual Senior Putra dan Pair Senior.

Daffa merupakan putra ketiga dari pasangan Rita Melyani dengan Kolonel Sus Wahyu Priyo BS yang keseharianya menjabat Kasubdis Undang Diskumau Mabesau.  Ia sudah memilih cabor Taekwondo karena mengikuti jejak sang ayah. Mulai mengikuti latihan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Ia merasa cabor Taekwondo seru dan menyenangkan.

Sehingga tidak heran jika saat ini ia bisa meraih emas pada kejuaraan yang ada. Prestasi yang diraihnya melalui  perjuangan keras, rutin melakukan latihan serta mengatasi tantangan dalam membagi waktu antara pendidikan dan latihan, dan doa dari kedua orang tua.

“Jadi, saya membagi waktu saat harus kuliah maka saya akan memprioritaskan kuliah, karena tetap pendidikan itu yang nomor satu. Tetapi jika ada latihan yang tidak bisa ditinggalkan atau ada pertandingan yang jadwalnya bertabrakan maka saya akan izin untuk tidak mengikuti perkuliahan di kampus. Saya juga mengatur jadwal saya sedemikian rupa, saat key in mata kuliah saya memilih mata kuliah dengan jam-jam tertentu untuk menghindari tabrakan dengan jadwal latihan Taekwondo. Tujuannya agar kuliah saya bisa lancar dan bisa latihan pula tanpa adanya tabrakan jadwal.” ujar Daffa.

Daffa termotivasi mengikuti kejuaraan-kejuaraan yang ada salah satunya untuk menambah pengalaman jam terbang dan menambah prestasi. “Kejuaraan tersebut juga merupakan ajang road to Pekan Olahraga Daerah (PORDA) 2022 dan juga seleksi menuju Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023, maka saya termotivasi untuk tampil maksimal agar menghasilkan yang terbaik dari yang saya bisa.” jelasnya.

FH UII mendukung setiap kejuaraan yang diikuti oleh Daffa. Ia sendiri mengungkapkan dirinya masuk UII melalui pola seleksi beasiswa atlit, sehingga bisa kuliah gratis selama 4 tahun.

“Pihak kampus khususnya FH UII sangat mendukung saya,  kampus sendiri sudah memfasilitasi saya untuk akademis, jika saya membutuhkan surat izin, akan dibuatkan, dan izin kepada dosen itu tidak susah atau dipersulit, justru dosen dosen sangat mendukung dan mendoakan saya jika saya izin, bahkan pihak kampus juga memberi reward atas medali-medali yang saya dapat, dan uang yang diberikan juga tidak sedikit, yang tentu sangat bermanfaat bagi saya.” pungkas Daffa.

Kejuaraan yang akan diikutinya selanjutnya yaitu PORDA 2022, mewakili Kota Yogyakarta pada bulan September 2022, dan Daffa memasang target dapat lolos seleksi Pra PON 2023 agar bisa mengikuti PON 2024.