,

Ariyanto Dosen FH UII Dilantik Sebagai Ketua DPC PERADI Yogyakarta

   

[KALIURANG]; Prestasi membanggakan kembali datang dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII). Dosen FH UII, Dr.Ariyanto, S.H., C.N., M.H. dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Kota Yogyakarta periode 2023-2028 oleh Prof. Otto Hasibuan, S.H., M.H., Ketua Umum Peradi, Jumat (3/3/2023) malam di Artotel Suites Bianti. Kepengurusan DPC Peradi Kota Yogyakarta tersebut merupakan hasil Musyawarah Cabang ke-3 yang telah berlangsung pada 3 Desember 2022 lalu.

 

Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI adalah satu-satunya wadah profesi advokat yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Kewenangan PERADI antara lain melaksanakan pendidikan khusus profesi advokat, melaksanakan pengujian calon advokat, melaksanakan pengangkatan advokat, membuat kode etik, membentuk dewan kehormatan, membentuk komisi pengawas, melakukan pengawasan, dan memberhentikan advokat.

Dr.Ariyanto, S.H., C.N., M.H terpilih menjadi ketua umum DPC Peradi Yogyakarta setelah melalui pemilihan yang cukup ketat, dalam Musyawarah Cabang (Muscab) III di Yogya, Sabtu (3/12/2022) petang. Pada Muscab tersebut Dr.Ariyanto, S.H., C.N., M.H meraup 124 suara mengalahkan tiga calon lain yakni Gloria Damaiyati SH MH dengan 42 suara, Sukiratnasari SH memperoleh 18 suara, dan Erlan Nopri SH mendapat 11 suara.

Saat ini dibawah kepemimpinan Dr.Ariyanto, S.H., C.N., M.H, Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Kota Yogyakarta telah memiliki kepengurusan lengkap.  Dr.Ariyanto, S.H., C.N., M.H mengatakan akan segera mewujudkan kantor Sekretariat Independen yang terpisah dari kantor pribadi sebagai media komunikasi dan aktivitas semua anggota, karena menurutnya problem organisasi advokat (OA) saat ini menempatkan sekretariat menjadi satu dengan kantor milik ketua. “Dengan sekretariat mandiri, anggota tidak akan sungkan untuk datang. Sekretariat akan menjadi rumah sehingga anggota yang datang akan betah,” ujarnya. Tak hanya itu, DPC Peradi Yogyakarta akan memberikan pelayanan hukum seluas luasnya  kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan hukum.