,

FH UII Jadi Tuan Rumah Perhelatan Kompetisi Nasional Legal Opinion Oleh National Business Law Community

 

[KALIURANG]; NBLC ILOC adalah kompetisi internal legal opinion yang mempertemukan mahasiswa-mahasiswa terbaik dari setiap kampus yang menjadi anggota National Business Law Community (NBLC). NBLC ILOC menjadi salah satu program kerja NBLC dalam mengasah secara optimal sumber daya setiap anggota NBLC melalui ajang kompetisi legal opinion, terutama membahas dari sisi legal business practice. Ini juga bentuk komitmen NBLC untuk menaungi dan memberikan wadah dan manfaat bagi seluruh anggota NBLC.

The 1st NBLC ILOC (2019) diselenggarakan oleh Atma Jaya Business Law Society (BLS) dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Kemudian dilanjutkan The 2nd NBLC ILOC (2020) yang menuanrumahkan Universitas Indonesia dan diselenggarakan oleh Business Law Society (BLS) FH UI.

Kemudian The 3rd NBLC ILOC (2021) dinahkodai oleh Himpunan Mahasiswa Business Law Universitas Bina Nusantara (HIMSLAW BINUS). Selanjutnya estafet penyelenggaraan berlangsung di FH UII, yaitu The 4th NBLC ILOC (2022) yang dilaksanakan oleh Business Law Community FH UII (BLC FH UII), tepatnya di ruang Auditorium lantai 4 Gedung Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII).

Perhelatan kompetisi legal opinion kali ini diikuti oleh 7 universitas di Indonesia yang tergabung dalam NBLC, yaitu Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, dan Universitas Bina Nusantara Jakarta. Dengan total 14 delegasi dari semua universitas.

Pelaksanaan The 4th NBLC ILOC (2022) dipimpin oleh Andika Rian Putra Tama sebagai Project Officer. Sebelumnya Ia menjabat sebagai Partner pada Company and Bankcrupty Law (CBL) BLC FH UII pada periode Prestigia 2022/2023. Kini Ia aktif sebagai Managing Partner BLC FH UII periode Eterious 2023/2024.

Penyelenggaraan The 4th NBLC ILOC (2022) dimulai saat Open Registration tanggal 5 November 2022, kemudian diiringi serangkaian acara dan diakhiri dengan Closing Ceremony pada 25 Februari 2023. Selanjutnya tahap pendistribusian kasus posisi telah dimulai sejak 30 November 2022. Kurang lebih penyelenggaraan The 4th NBLC ILOC (2022) adalah 3 bulan, sudah termasuk pembagian kasus posisi, penilaian berkas, pengumuman finalis, presentasi finalis, dan pengumuman juara.

Tema kasus yang diangkat merupakan tema tentang ekspor-impor batubara antar negara menggunakan kapal MASS tanpa awak, dimana kapal yang digunakan merupakan kapal yang disewa. Di Indonesia sendiri belum ada aturan hukum yang mengatur terkait hal tersebut. Maka, para peserta dituntut untuk menemukan penyelesaian solusi dari kasus yang telah diberikan.

Posisi sebagai Juara ke-1 dalam perhelatan The 4th NBLC ILOC (2022) kali ini diambil oleh Universitas Indonesia. Disusul oleh Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada urutan Juara ke-2, kemudian Universitas Diponegoro pada urutan Juara ke-3. Selanjutnya, berkas terbaik legal opinion terbaik juga disabet oleh Universitas Indonesia, namun oleh delegasi yang berbeda.

Proses penyelenggaraan The 4th NBLC ILOC (2022) di FH UII terbilang cukup baik. Alvin Daun sebagai koordinator Divisi Media sekaligus anggota dari BLC FH UII menyebutkan, “Pelaksanaan yang terukur dan terkoordinir, serta sesuai dengan timeline. Buah positif dari acara The 4th NBLC ILOC (2022) ini diharapkan bisa dilanjutkan dan dikembangkan lebih baik lagi kedepannya dan bahkan bisa menjadi annual event tersendiri bagi FH UII dalam hal kompetisi hukum bisnis,” tutur Alvin.