,

Dua Mahasiswa FH UII Meraih Juara 1 dan Juara 2 dalam Pemilihan Duta Genre DIY 2023

[KALIURANG]; Dua mahasiswa Program Studi Hukum Program Sarjana (PSHPS) Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih juara 1 dan juara 2 dalam pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2023. Mahasiswa yang menjuarai pemilihan Duta Genre DIY 2022 adalah Miranto Zaenal Arief (22411024) yang meraih juara 1, dan Mohammad Afsar (22420183) yang meraih juara 2.

Pemilihan Duta Genre adalah program pemerintah melalui BKKBN yang dibuat oleh dan untuk remaja dalam mengatasi banyaknya permasalahan krusial di masa remaja. Proses pemilihan Duta Genre ini memakan waktu satu bulan dari pendaftaran hingga karantina. Selama masa karantina peserta mengikuti pelatihan koreo dan pematangan materi guna mempersiapkan generasi remaja yang positif bagi lingkungan sekitar, dan mematangkan program kerja jika nantinya terpilih menjadi Duta Genre.

Untuk menjuarai pemilihan Duta Genre ini, Zaenal dan Afsar memiliki niat untuk menjadi role model agar menciptakan generasi remaja yang baik dan juga mempersiapkan program kerja yang matang sehingga siap saat menjalani lika-liku seleksi yang dihadapi. Meskipun begitu, Zaenal dan Afsar tidak melupakan kewajiban mereka untuk tetap berkuliah. Sehingga mereka memanfaatkan waktu jeda sebelum karantina untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah, dan mengurangi sejenak waktu bermain bersama teman-teman demi fokus mengikuti pemilihan Duta Genre ini.

Afsar mengatakan banyak nilai yang didapat seperti meningkatkan life skill, membuat tren-tren positif di lingkungan sekitar, dan membangun kepercayaan bahwa remaja memiliki kemampuan yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak.  Dan Zaenal berpesan bahwa sebagai remaja yang sama-sama berada di posisi yang sama, Duta Genre dan Forum Genre peduli dengan kondisi remaja Indonesia, sehingga kita sebagai remaja mari memilah-milah hal yang positif untuk dilakukan dan berdiskusi tentang rencana hidup di masa depan.