,

Faculty of Law Journalistic on Training and Workshop

[KALIURANG];  Sabtu (19/11) Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) bekerja sama dengan Marketing and Communication (Marcomm) FH UII  telah menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dan workhop di ruang Audiovisual lantai 4 di Gedung Faculty of Law. Pelatihan jurnalistik dan workshop tersebut bertema Journalistic Training and Workshop: Credibility, Integrity and Capability in society 5.0

Pelatihan yang diadakan untuk umum berlangsung selama tiga jam,  dihadiri kurang lebih 60 orang, beberapa diantaranya yaitu siswa/siswi SMA yang ada di Yogyakarta dan mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Pers Mahasiswa.

Sebelum pelatihan dimulai, acara dibuka dengan sambutan oleh Drs. Agus Triyanta, M.A., M.H., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FH UII. Kemudian dilanjutkan serah terima jabatan Pengurus Marcomm Periode 2023-2024.

Koordinator Umum Marcomm terpilih Periode 2023-2024, yaitu Muhammad Rifqi Abiyyu resmi dilantik. Serah terima jabatan dilakukan langsung oleh Koordinator Umum Marcomm Periode 2022-2023, A. Iqbal Madani kepada Koordinator Umum yang baru dengan didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni.

Pelatihan tersebut mengundang pemateri dengan kemampuan yang mumpuni di bidangnya yaitu Dr. Hamdan Daulay, M.Si. M.A., beliau merupakan Kepala Program Studi S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beliau aktif menulis, dan menjadi wartawan freelance pada koran Kedaulatan Rakyat, sejak masih duduk di bangku perkuliahan tahun 1980-an hingga saat ini.

“Menjadi seorang jurnalis harus memiliki kredibilitas, integritas dan kapabilitas yang baik supaya hasil dari apa yang dibuatnya tidak memecahbelah masyarakat. Kondisi masyarakat yang minim literatur ditambah berita hoax yang tak kunjung hilang menyebabkan banyak sendi-sendi komunal semakin terkikis.” tutur Dr. Hamdan.


Pada akhir sesi,  pemateri memberikan waktu kepada para peserta untuk langsung praktek membuat artikel yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Saking antusiasnya peserta dalam mengikuti kegiatan, pemateri memberikan apresiasi berupa beberapa buku kepada beberapa peserta yang berani menyampaikan hasil dari apa yang telah ditugaskan.

Pemateri menyampaikan bahwa ia merasa senang telah diundang sebagai pemateri dalam pelatihan ini dan mengucapkan terima kasih kepada pihak FH UII dan Marcomm FH UII yang telah menyelenggarakan kegiatan sehingga ia dapat membagikan ilmunya kepada para mahasiswa. Acara ini ditutup dengan penyerahan cindera mata dan foto bersama.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan