, ,

Mahasiswa FH UII Progaram Magister Raih Pin Emas DI Wisuda UII Periode I 2023/2024

[KALIURANG]; Mahasiswa Program Studi Hukum Program Magister (PSHPM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih pin emas dalam Wisuda Periode I Tahun Akademik 2023/2024 yang ebrlangsung pada hari Sabtu (30/9) di Gedung Auditorium Kahar Muzakir UII. Tamara Alifadina, mahasiswa Program Studi Hukum Program Magister (PSHPM) Angkatan 48 mendapatkan pin emas.

Tamara Alifadina, pada awalnya Ia mengambil BKU Hukum Agraria, namun dikarenakan BKU terserbut tidak memenuhi jumlah minimum mahasiswa untuk membuka kelas, maka Ia berbesar hati untuk mengambil BKU Hukum Bisnis. Setelah berkomitmen 2 semester menjalaninya Ia bersyukur atas ketidaksengajaan tersebut membawa saya tersesat di jalan yang benar. Hal tersebut yang menjadi motivasinya bahwa hidup yang dijalani walau terkadang tidak sesuai dengan harapan, akan ada suatu titik dimana kita menyadari dan mensyukuri bahwa Allah sebagai sebaik-baik perencana.

Komitmen yang menjadi kunci keberhasilannya yaitu Mujahadah atau bersungguh-sungguh, disertai Man Jadda Wajada menjadi  pengingat diperkuat dengan doa dan usaha. Hal ini menghasilkan durasi pengerjaan tugas akhirnya selama 2 (dua) bulan dan durasi kuliah selama 1 (satu) tahun 4 (empat) bulan. Adapun judul tugas akhirnya berjudul Force Majeur dalam Pelaksanaan Perjanjian sebagai Upaya Preventif Permohonan Pailit secara Premature (Studi Kasus Putusan Nomor 24/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN Niaga Sby)” dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Ridwan Khairandy, S.H., M.H. dan Dr. Siti Anisah, S.H., M.Hum.

Motivasi utama Tamara dalam mengejar gelar Magister Hukum adalah mengasah pola pikir dan pengetahuan dibidang hukum terutama hukum kontrak dan hukum kepailitan. Hal tersebut diharapkan dapat menunjang cita-cita hidup yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menjadi seorang akademisi.

Para dosen FH UII yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidangnya (baik keahlian maupun pengetahuan) juga memotivasinya untuk mengasah kompetensi diri dalam berpikir kritis dan sistematis baik secara lisan maupun tertulis. Kemudahan dalam mengakses literasi dengan fasilitas yang tersedia baik online maupun offline, mampu menunjang proses belajar mengajar di lingkungan akademis UII.

Visi UII yang berbasis rahmatan lil’alamin menjadikannya bersemangat dalam menuntut ilmu karena Ia berusaha agar ilmu tersebut mampu bermanfaat bagi lingkungan akademis maupun masyarakat luas nantinya.

Selama Tamara menjadi bagian dari FH UII sejak S1 maupun S2, Ia tergolong mahasiswi yang memiliki komitmen yang kuat dalam belajar, mengingat bahwa perpaduan antara hukum konvensional dan hukum agama di UII memberi saya kesempatan untuk open minded namun tetap mengedepankan aqidah & akhlak.

Tamara pun membagikan saran dan tips dalam menjalani pendidikan dalam dunia perkuliahan yaitu: membuat perencanaan goals jangka waktu 1 (satu) bulan; membuat to do list harian; dan melakukan evaluasi goals tiap awal bulan dan evaluasi to do list setiap hari. Kunci dalam meraih prestasi adalah komitmen untuk disiplin dan menghindari sikap prokrastinasi.