,

Fakultas Hukum UII Melakukan Penandatanganan Kerjasama dengan PPIH di Budapest

Sebagai bentuk kegiatan internasionalisasi, Fakultas Hukum UniversittasĀ Islam Indonesia melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Persatuan Pelajar Indonesia di Hongaria. Penandatanganan kerjasama dilaksanakan di kota Budapest (Hongaria) pada tanggal 30 September 2023. Penandatanganan dilakukan dengan disaksikan Ketua Program Studi Hukum Program Sarjana Fakultas Hukum UII, Dodik Setiawan Nur Heriyanto, S.H., M.H., LL.M., Ph.D. danĀ Arya Wanda Wirayuda, S.Hum., MA selakuĀ PhD Ambassador of A Doktoranduszok OrszĆ”gos SzƶvetsĆ©ge (DOSZ) serta Agung Wicaksono, Ketua PPLN Hongaria.

Penandatanganan secara langsung dilakukan antara Dekan Fakultas Hukum UII, Prof. Dr. Budi Agus Riswandi, S.H., M.H., Ph.D. dan Ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Hongaria,Ā Marhadi, SE.M.Sc,CMM. “Kita mengharapkan bahwa dengan kerjasama ini dapat membantu teman-teman yang sedang belajar di Hongaria utamanya dalam kegiatan riset, pengajaran dan pengabdian masyarakat. Terutama dalam hal dakwah islamiyah, Fakultas Hukum UII siap untuk mengadakan kegiatan kajian Islam dan Hukum Islam secara daring mengingat komunitas muslim di HongariaĀ masih sangat sedikit dan belum ada masjid di masing-masing kota.” papar Dekan Fakultas Hukum UII dalam sambutannya.
Ketua PPIH Marhadi menyambut baik terwujudnya MOA ini. Dia berharap dengan Moa antara FH UII dengan PPIH ini akan tercipta kolaborasi dan kontribusi untuk mewujudkan academic culture dan Internasionalisasi program kedepannya.
PPI Hongaria memiliki sumberdaya yang cukup memadai khususnya dibidang riset kualitatif dan kuantitatif. Selain itu jaringan internasional antara kampus yang berada di Hongaria akan bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kolaborasi kerjasama yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.ā€

Arya Wanda Wirayuda, S.Hum., MA selaku PhD Ambassador of A Doktoranduszok OrszĆ”gos SzƶvetsĆ©ge (DOSZ) menyampaikan bahwa “Universitas-universitas di Hungaria banyak melahirkan pemikir, tokoh dan pemenang nobel. Memperkuat kerjasama antara universitas-universitas di Indonesia dan di Hungaria merupakan kesempatan besar untuk meningkatkan mutu dan rekognisi. Melalui A Doktoranduszok OrszĆ”gos SzƶvetsĆ©ge (DOSZ) dan PPIH siap menjembatani.”

KetuaĀ Program Studi Hukum Program Sarjana Fakultas Hukum UII, Dodik Setiawan Nur Heriyanto memaparkan kebanggaanya sebagai salah satu alumni pertama di Hongaria. “Saya sangat bahagia dan bangga saat ini sudah semakin banyak mahasiswa di Indonesia yang belajar di Hongaria. Terlebih kegiatan PPI Hongaria yang dibentuk sejak 2016 sudah semakin masif dan menarik sehingga mampu mempromosikan pendidikan di Hongaria. Kita juga sangat berharap ada banyak alumni Fakultas Hukum UII ataupun Dosen Tetap Fakultas Hukum UII dapat melanjutkan studi di Hongaria. Tahun 2022 kemarin kita sudah laksanakan kegiatan promosi tersebut dan diharapkan dengan kerjasama ini semakin banyak memberikan manfaat kepada civitas akademika.”