,

Implementasi Kerjasama FH UII dengan FH Unhas dalam MBKM Pertukaran Pelajar

[KALIURANG]; Pada hari Senin, 16 Oktober 2023 berlangsung kegiatan penandatanganan kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dengan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang bertempat di Ruang Prof. Laica Marzuki di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar. “Kedatangan kami di Makassar untuk menjalin kerjasama antara FH UII dan Universitas Hasanuddin. Sekalipun sebenarnya, tanpa kerjasama ini memang kita sudah melaksanakan kegiatan riil yaitu salah satunya sudah ada implementasi program MBKM Pertukaran Pelajar dimana salah satu mahasiswa FH UII telah melaksanakan kegiatan pertukaran pelajar selama 1 (satu) semester di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Dan harapannya kedepan semakin banyak kegiatan yang dapat dikolaborasikan.” demikian sambutan awal dari Dekan Fakultas Hukum UII, Prof. Dr. Budi Agus Riswandi, S.H., M.Hum.

Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., MAP selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin menyambut langsung delegasi Fakultas Hukum UII Yogyakarta. Hadir bersama Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanudin yaitu Prof. Dr. Maskun, S.H., LL.M. (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Prof. Dr. Iin Karita Sakharina, S.H., M.A. (Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sumber Daya dan Alumni), dan Dr. Ratnawati, S.H., M.H. (Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi) beserta pimpinan Program Studi dan pejabat lainnya. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanudin menyampaikan bahwa “Kita berharap kita dapat menyelenggarakan kerjasama yang intensif dan mengkolaborasikan potensi-potensi baik yang ada di FH Unhas maupun dari FH UII. Termasuk juga dalam hal bidang penelitian dan pengabdian masyarakat diharapkan juga dapat menjadi bidang yang dapat dikerjasamakan. Alhamdulilah Fakultas Hukum Unhas sudah memiliki juga jurnal terindeks scopus. Sehingga mungkin dalam hal penelitian dapat diselenggarakan joint research program dimana ada dibentuk tim-tim penelitian yang mengkolaborasikan antara Dosen yang ada di UII dan Unhas.”

“Saat ini sudah ada mahasiswa Program Studi Hukum UII yang mengikuti Program MBKM Perkuraran Pelajar yaitu Sdri. Nailah angkatan 2022 dimana telah mengambil kurang lebih 24 sks belajar selama satu semester di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Kita juga berharap agar nantinya dengan kerjasama ini ada mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dapat juga mengikuti pertukaran pelajar di Fakultas Hukum UII mengingat asumsinya pola kurikulumnya hampir memiliki kesamaan selain juga ditujukan untuk mengambil mata kuliah yang unik dan khas di masing-masing kampus.” papar Dodik Setiawan Nur Heriyanto, S.H., M.H., LL.M., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Hukum Program Sarjana UII.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan sesi penandatanganan kerjasama dan sesi diskusi penjajakan kerjasama dari kedua belah pihak yang dipandu oleh moderator Ahsan Yunus, S.H., M.H. Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan simpulan hal-hal yang akan dikolaborasikan di masa yang akan datang. Delegasi UII selain Dekan dan Kaprodi Hukum Program Sarjana juga turut hadir Prof. Dr. Syamsudin, S.H., M.H. selaku Kaprodi Hukum Program Doktor dan Mirani Desi Ekowati, S.E. selaku Ketua Urusan Assesment.