,

Open House Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia 2024: University Pass

[KALIURANG]; Open House Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) 2024 yang bertajuk University Pass telah dilaksanakan pada hari Sabtu (27/04). Open House FH UII menjadi agenda rutin tahunan dan sudah berjalan selama dua tahun ini.  Kegiatan kali ini dihadiri oleh perwakilan 15 sekolah dengan 61 peserta dan 14 guru Bimbingan Konseling (BK). Perwakilan sekolah dan jumlah peserta yang hadir dalam Open House FH UII 2024 ini meningkat jika dibandingkan dengan peserta tahun lalu. Membuktikan bahwa ketertarikan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat terhadap FH UII meningkat.

Acara open house ini memiliki tiga acara utama yaitu Trial Kuliah,  Campus Tour, dan Sosialisasi pengenalan Fakultas Hukum UII dan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) bagi Guru BK. Trial Kuliah merupakan acara uji coba kuliah bagi siswa SMA, untuk memperkenalkan dunia perkuliahan dan memperkenalkan dunia hukum secara lebih dini. Selain itu Trial Kuliah ini merupakan salah satu cara untuk memasarkan FH UII secara lebih luas. Kemudian tentunya agar semakin banyak siswa SMA yang tertarik untuk mengenyam pendidikan tinggi di FH UII. Sementara Sosialisasi pengenalan Fakultas Hukum UII dan Sistem PMB adalah sosialisasi untuk memperkenalkan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), ke-UIIan, dan mengenalkan FH UII dalam rangka untuk mempromosikan FH UII secara lebih luas. Sosialisasi ini diisi oleh Bapak Drs. Agus Triyanta., M.A., M.H., Ph.D. dan Ibu Siti Rahma Novikasari, S.H., M.H.

Siswa SMA dibagi menjadi 3 kelas dalam sesi Trial Kuliah, yaitu kelas Hukum Reguler yang dibimbing oleh Ibu Ayunita Nur Rohanawati, S.H., M.H., Hukum Internasional yang dibimbing Ibu Ayu Izza Elvany, S.H., M.H., dan Hukum Bisnis yang dibimbing oleh Bapak Fuadi Isnawan, S.H., M.H. Pembagian kelas ini memiliki tujuan untuk mengenalkan semua program studi yang tersedia di FH UII dengan nuansa kelas yang berbeda. Kemudian agar siswa dari asal SMA yang sama dapat bertukar pengalaman dengan temannya yang berbeda kelas di sesi Trial Kuliah. Sesi Campus Tour merupakan sesi yang tidak kalah penting untuk menarik Siswa SMA untuk berkuliah di FH UII dalam segi fasilitas. Sesi Campus Tour ini memperlihatkan berbagai sudut FH UII dengan dipandu oleh Staff Marketing and Communication (MARCOMM) FH UII. Dalam sesi Campus Tour juga terdapat praktik mediasi dan pengadilan pembuktian pidana yang disuguhkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Peradilan Semu (KPS) Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) FH UII. Praktik mediasi dan peradilan ini dilaksanakan di ruang praktik peradilan (Moot Court) dan diikuti oleh siswa dan Guru BK. Beberapa siswa dibserikan kesempatan untuk menjadi pemeran dalam praktik tersebut. Seperti mencoba berperan menjadi Hakim, Jaksa, ataupun Kuasa Hukum, sehingga siswa dapat mencicipi praktik peradilan secara lebih dini.


Gina dan Ata dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Yogyakarta selaku perwakilan peserta Open House 2024 mengatakan bahwa dengan mengikuti Open House 2024 ini menjadi menambah pengetahuan dan wawasan tentang dunia hukum. Selain itu juga membantu mereka mencari universitas yang cocok bagi kelanjutan pendidikan mereka dengan mengikuti sesi Campus Tour.Â