,

Dua Tim PKM FH UII Lolos Proposal PKM Kemendikbudristek Tahun 2024

[KALIURANG]; Pada Sabtu (20/4),  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan proposal dari berbagai tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos pada Tahun 2024. PKM ini terdiri dari 8 bidang yakni bidang Riset Eksakta (RE), Riset Sosial Humaniora (RSH), Karsa Cipta (KC), Karya Inovatif (KI), Pengabdian kepada Masyarakat (PM), Penerapann IPTEK (PI), Kewirausahaan (K), dan Video Gagasan Konstruktif (VGK).

Dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meloloskan proposal dari dua tim bimbingan Dian Kus Partiwi, SH., MH. Tim pertama yakni

Ketua:  Abdul Mustopa Jawahid (21410687),

Anggota:

  1. Suci Setyafani Cahyani G – 21410619
  2. Nanda Hairunnisa – 21410524
  3. Bagus Putra Handika P – 23410912

Tim pertama mengikuti PKM bidang PM dengan judul proposal “Implementasi Pengelolaan Sampah secara Mandiri dan Berkelanjutan melalui Green House Building berbasis Interkoneksi-education di SMAN 1 Pakem“.

Kemudian Tim Kedua yakni:

Ketua: Muhammad Irfan Dhiaulhaq AR (21410678)

Anggota:

  1. Muhammad Fajar Rizki 21410638
  2. Fadilah Shintauri 21410582
  3. Arbi Dahlia 21410599
  4. Isnataini Rahmadillah 22310298

Tim kedua mengikuti PKM bidang RSH dengan judul proposal “Menelisik Tradisi Saparan Bekakak: Solidaritas Masyarakat Ambarketawang, Pengejawantahan Nilai Pancasila, dan Strategi Konservasi Kearifan Lokal Mendorong Psychological Well-Being“.

Untuk mengikuti ajang PKM ini, masing-masing tim mempersiapkan berkasnya berupa proposal yang menyesuaikan pedomannya, surat pernyataan dari ketua, serta biodata tim beserta dosen pembimbingnya. Beberapa dari mereka diantaranya sudah berpengalaman dalam mengurus berkasnya sehingga tidak ada kendala yang berarti.

Dari persiapan PKM ini, untuk tim pertama dalam bidang PM mempersiapkannya dengan menyusun kerangka program pengabdian serta melakukan pendekatan terhadap tempat /mitra yang dituju untuk melakukan pengabdian. Dari persiapan tersebut, tim pertama dapat melakukan pematangan ide dan konsep pengabdian hingga dapat melakukan pengumpulan proposal di situ sumbelmawa.

Persiapan dari tim kedua juga melalui berbagai tahapan. Tim kedua menyiapkan judul dan isi proposal yang ingin diangkat dengan berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Selain itu, tim kedua melakukan pra riset untuk menguatkan data pada proposal. Setelah itu, mereka melakukan finalisasi hingga pengumpulan di situs sumbelmawa.

Pihak fakultas juga sangat berperan penting dalam persiapan ajang PKM tahun ini. Pihak fakultas memaksimalkan perannya sebagai fasilitator dalam ajang PKM dengan mengadakan sosialisasi PKM. Selain itu, dalam sosialisasinya pihak fakultas juga menyiapkan daftar dosen pembimbing dan daftar judul proposal untuk memudahkan dalam pencarian judul.

Setelah ini, kedua tim mempersiapkan timnya untuk dapat memaksimalkan pada babak PKM ini sehingga dapat mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2024. Pada babak ini, tim PKM diberi waktu 3 bulan dalam pelaksanaan penelitian dan programnya masing-masing. Pada pertengahannya terdapat pantauan berupa monitoring dan evaluasi dari Kemendikbudristek. Setelahnya menunggu pengumuman lolos ke ajang PIMNAS Tahun 2024.

Dian Kus Pratiwi, SH. MH., selaku Dosen Pembimbing dua tim ini mengaku senang, bahkan tidak menyangka bahwa tim dalam bimbingannya lolos proposal PKM Kemendikbudristek. Ibu Dian juga berpesan agar mahasiswa lainnya dapat termotivasi dan mengembangkan prestasinya. “Untuk teman-teman mahasiwa yang lain untuk ayo mau mencoba berpatisipasi, yang terpenting dulu prosesnya, untuk hasilnya kita serahkan pada Allah.”

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan