,

DOSEN FH UII Meraih Juara Best Participants Pada Kegiatan Workshop IHL 2023

[KALIURANG]; Dosen Departemen Hukum Internasional,  Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) Nur Gemilang Mahardika S.H.,LL.M, berhasil meraih juara sebagai Best Participants pada kegiatan Emerging International Humanitarian Law (IHL)  Academics Workshop 2023.

Kegiatan Emerging IHL Academics Workshop 2023 ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh International Committee Of The RedCross (ICRC) Indonesia- Timor Leste bersama dengan Universitas Udayana yang di selenggarakan di Denpasar, Bali.

ICRC sendiri merupakan gerakan internasional yang bergerak dalam bidang hukum humaniter internasional dan berpusat di kota Geneva, Switzerland serta memiliki kantor cabang yang tersebar di beberapa negara. Salah satunya adalah kantor cabang ICRC Indonesia dan Timor Leste.

Dalam pelaksanaan kegiatan Emerging IHL Academics Workshop 2023 itu sendiri telah diikuti oleh  19 akademisi yang mengajar pada bidang hukum humaniter internasional dari berbagai universitas di seluruh wilayah Indonesia. Pelaksanaan berlangsung mulai dari tanggal 28 Februari – 3 Maret 2023.

Adapun pada sesi presentasi individu, Gemi, sapaan akrabnya melakukan presentasi dengan mengangkat topik “Perdagangan Senjata International, Arms Trade Treaty dan Hubungannya dengan IHL”.

Selain dari pada itu, UII juga mendapat apresiasi dari ICRC Indonesia-Timor Leste perihal keaktivan partisipasi mahasiswa UII dalam pemajuan IHL dibandingkan dengan partisipasi universitas lain yang ada di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari keikut sertaan mahasiswa UII yang tidak hanya ikut dalam kegiatan IHL Moot Court saja tetapi juga ikut pada kegiatan Jean Pictet dan ICC yang akan datang. Adapun terdapat fakta menarik yang baru diketahui bahwasannya terdapat alumni FH UII bernama Fasya Addina yang sekarang menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bergabung pada ICRC pusat di kota Geneva.

“Mendapatkan juara sebagai Best Participants merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena dapat mewakili nama UII dan mendapatkan predikat yang baik, tetapi hal yang paling bermakna dalam mengikuti kegiatan ini adalah dapat bertemu para akademisi lainnya sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan membangun relasi antara satu sama lain” ujarnya.

Dengan demikian beliau juga berpesan bahwa proses belajar merupakan suatu hal yang harus dilakukan tanpa henti. Walaupun kita telah mencapai kesuksesan tersendiri, tapi hakikatnya otak manusia yang terdiri dari miliyaran sel harus selalu diasah sehingga kita tetap harus belajar dan berkembang tanpa henti.