,

Dekan dan Kaprodi Hukum Program Sarjana Presentasi dalam Forum Partnership Kampus Hukum di Debrecen

Pada tanggal 29 September 2023 bertempat di Fakultas Hukum University of Debrecen, Kaprodi Hukum Program Sarjana dan Dekan FH UII berpartisipasi dalam “International Meeting dan Conference” yang diselenggarakan langsung oleh host Faculty of Law University of Debrecen (DE AJK). Selain perwakilan dari FH UII juga dihadiri peserta dari Fakultas Hukum University of Vaasa (Finlandia), Fakultas Hukum University of PIM Blanja Luka (Bosnia Herzegovina), Fakultas Hukum University of Oradea (Romania), Sapientia Hungarian University of Transylvania, Cluj-Napoca (Romania), Ministry of internal affairs of Republic of Srpska, Faculty of Humanities and Social Sciences University of Arad.

Di awal acara, Wakil Dekan Bidang Kerjasama Internasional Prof. Dr. Fezer Tamas menyampaikan bahwa “forum internasional ini sangat penting diselenggarakan dengan tujuan pengembangan bersama seluruh mitra kampus hukum University of Debrecen. Termasuk untuk pengembangan dalam bidang riset dan kegiatan pengajaran. Kampus Debrecen telah memiliki LLM Program dan PhD Program yang sudah sejak tahun 2014 menerima mahasiswa asing dan melaksanakan program internasionalisasi dalam bidang pengajaran.”

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Program Studi Hukum Program Sarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Dodik Setiawan Nur Heriyanto, S.H, M.H, L.LM, Ph.D menyampaikan dalam presentasinya bahwa kehadiran Fakultas Hukum UII di forum tersebut sebagai bentuk untuk melanjutkan kerjasama yang telah dilakukan antara UII dan Universitas Debrecen. “Fakultas Hukum UII juga akan mengembangkan kerjasama ini untuk melihat potensi adanya program exchange tidak hanya untuk mahasiswa FH UII tetapi juga untuk dosen.” Ujarnya dalam presentasi tersebut. Perlu diketahui bahwa Dodik Setiawan sendiri merupakan lulusan pertama baik LLM Program dan PhD Program serta salah satu mahasiswa pertama yang studi di Hungaria dan lulus dengan predikat Summa Cumlauda.

Setelah forum berlangsung, acara dilanjutkan dengan ramah tamah serta diskusi antar mitra dengan mendiskusikan potensi dan visibilitas kerjasama. Dekan Fakultas Hukum UII, Prof. Dr. Budi Agus Riswandi, S.H., M.H. menyampaikan bahwa dalam sesi tersebut telah disepakati akan dilaksanakan lecturer exchange dimana dosen Fakultas Hukum UII akan dikirim untuk menjalani kegiatan caturdharma UII (penelitian, pengajaran, pengabdian masyarakat dan dakwah islamiyah) selama kurang lebih dalam satu bulan di Fakultas Hukum University of Debrecen. “Rencananya akan diselenggarakan pada awal tahun 2024 di sela jeda antar semester sehingga tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan paparan internasional tetapi juga dosen. Dan alhamdulilah telah disepakati banyak hal seperti misalnya kesediaan Professor di University of Debrecen untuk berkunjung di FH UII untuk mengajar (visiting Professor) dengan skema erasmus mobility program.” ujarnya.

Selama kunjungan di Hungaria, Dekan Fakultas Hukum UII juga menemui pimpinan Persatuan Pelajar Indonesia di Debrecen dan Persatuan Pelajar Indonesia di Hungaria (Pusat). Dalam pertemuan tersebut juga telah ditandatangani kerjasama untuk mendukung kegiatan yang sifatnya akademik dan non akademik.