,

Realisasi Kerjasama Fakultas Hukum UII dengan Fakultas Hukum Groningen University akan Dimulai Tahun 2024

Pada hari Senin, 2 October 2023, Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia beserta Ketua Program Studi Hukum Program Sarjana FH UII melaksanakan kunjungan ke Fakultas Hukum University of Groningen. “Ini merupakan kunjungan balik kami setelah Professor Dr. Albertjan Tollenaar berkunjung ke Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia akhir tahun 2022. Kami sangat berharap ada banyak tawaran kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia yang dapat direalisasikan dalam waktu dekat.” berikut sambutan Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Prof. Dr. Budi Agus Riswandi, S.H, M.Hum. Dekan beserta Kaprodi Hukum Program Sarjana diterima secara langsung di Ruang Rapat Academy Building Faculty of Arts University of Groningen.

Dalam kesempatan tersebut, delegasi Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia melaksanakan diskusi dan negosiasi program kolaborasi dengan Direktur Graduate School of Law University of Groningen, Professor Dr. Albertjan Tollenaar yang didampingi Dr. Kirsten Wolkotte dan Dr. Tim Zwaagstra. “Setidaknya sudah ada program yang visible dan akan direalisasikan pada awal tahun 2024 dimana kita akan mengirimkan dua dosen dan dua mahasiswa untuk mengikuti Program Winter School selama kurang lebih 1 bulan di Faculty of Law University of Groningen. Program ini merupakan program bridging pertama yang dilakukan agar eksposur internasional tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa tetapi juga dosen. Selain itu, keikutsertaan dosen ini juga dapat menunjang kemudahan mereka untuk mendapatkan supervisor di University of Groningen saat mengambil PhD program atau Post Doctoral Program.” demikian penjelasan Dodik Setiawan Nur Heriyanto, S.H., M.H., L.LM., Ph.D.

Dalam kunjungan Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dan Kaprodi Hukum Program Sarjana juga didampingi oleh Dosen Tetap Fakultas Hukum UII yang kebetulan sedang melanjutkan studi doktoral di University of Groningen, yaitu Abdurrahman Al Faqiih, S.H., LL.M. dan Siti Ruhama Mardhatilah, S.H., M.H. Di sela kunjungan, delegasi Fakultas Hukum UII juga melaksanakan pertemuan langsung dengan para Professor di University of Groningen seperti Prof.Dr. Lorenzo Squintani yang membidangi Energy Law and Climate Change serta Dr. Kirsten Henckel yang membidangi Hukum Perdata Internasional.

Prof. Dr. Albertjan Tollenaar selaku Direktur Graduate School of Law menyambut baik tindaklanjut program kolaborasi khususnya terkait dengan lecturers exchange yang akan diselenggarakan di awal tahun 2024. Diharapkan akan semakin banyak civitas akademika dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia yang akan merasakan belajar hukum secara langsung di negara Belanda karena dari segi sejarah, masih banyak sistem dan konsep hukum di Belanda yang diikuti oleh Indonesia.