,

Islamic Center Al-Azhar FH UII Adakan Iduladha di Desa Binaan

[KALIURANG]; Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Islamic Center Al-Azhar mengadakan kegiatan Iduladha di desa binaan. Islamic Center Al-Azhar memiliki tiga desa binaan di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yaitu Desa Jetis, Desa Wunut, dan Desa Pancoran. Diawali dengan salat ied berjamaah di desa tersebut.

Kegiatan Iduladha merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya, karena merupakan salah satu program kerja Departemen Syiar Islamic Center Al-Azhar FH UII. Namun kegiatan ini sempat terhenti dua tahun karena adanya pandemi Covid-19.

Setelah vakum selama dua periode karena pandemi, tahun ini diadakan kembali dengan mengusung tema “Indahnya Iduladha Sebagai Sarana Beribadah”.

“Jadi, momen Iduladha selain berdimensi ketuhanan juga berdimensi sosial artinya bahwa penyembelihan qurban ini selain sebagai sarana ibadah juga merupakan ajang kita antar sesama umat muslim untuk saling berbagi dan menolong. Sehingga momen berbagi ini dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk menjadi contoh untuk segala perbuatan baik lainnya.” jelas Zuhdi Falah, ketua Islamic Center Al-Azhar.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini di desa binaan yaitu agar dapat memberikan rasa semangat dan antusias kepada anak-anak desa binaan terhadap perayaan Iduladha. Menjaga dan melestarikan sejarah serta belajar memaknai qurban sebagai pengabdian diri.

“Selain itu juga sebagai pelatihan bagi para pengurus tentang penyembelihan hewan qurban, guna melatih kepekaaan diri terhadap lingkungan sosial dan belajar memaknai ikhlas dalam tindakan maupun ucapan.” terang Isrina, sekretaris Islamic Center Al-Azhar.

Islamic Center Al-Azhar FH UII berkolaborasi dengan masyarakat desa binaan melaksanakan penyembelihan berupa 8 ekor kambing dengan 2 ekor sapi. Adapun 8 ekor kambing didapat dari open shohibul dan sedekah qurban. Sedangkan, untuk 2 ekor sapi adalah dari shohibul masyarakat desa binaan.  Daging kurban yang telah disembelih dibagikan ke masyarakat ketiga desa binaan tersebut.

Kegiatan ini tidak lepas dari dukungan serta bantuan para dosen, alumni, serta demisioner pengurus Islamic Center Al-Azhar FH UII. Harapannya kegiatan ini dapat berfungsi sosial dengan memberikan manfaat kepada masyarakat di desa binaan.