Kunjungan FH Univ.Pembangunan Panca Budi Medan

Fakultas Hukum UII, Senin 12 Maret 2012. Fakultas Hukum mendapatkan kunjungan dari Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Rombongan yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Panca Budi Irma Fatmawati tersebut  terdiri dari Kaprodi, para Dosen dan Mahasiswa ditemui oleh Dekan FH UII Dr. Rusli Muhammad, SH., MH, Wakil Dekan Dr. Saifudin, SH., M.Hum dan Sekretaris Prodi S1 Ilmu Hukum Bagya Agung Prabowo, SH., M.Hum.
Dalam pengantarnya Wakil Dekan menyatakan permohonan maafnya tidak dapat menyambut sebagaimana yang diinginkan oleh FH Univ. Panca Budi yaitu mengadakan jadwal dialog selama dua hari ternyata hanya bisa dilaksanakan selama tiga jam saja. Sedangkan Dekan FH Univ. Pembangunan Panca Budi menyatakan merasa bahagia dapat diterima di FH UII serta menyatakan keinginannya untuk belajar dan menggali informasi yang ada di FH UII yang selama ini dikenal dengan aktifitas pusat-pusat studinya.
Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. selaku Dekan FH UII menyatakan merasa bangga dan berbahagia karena mendapat kunjungan dari FH Univ. Pembangunan Panca Budi dan berharap dari perjalanan yang jauh bisa mendapatkan hal-hal yang bermanfaat. Lebih lanjut disampaikan oleh Dekan bahwa di tengah-tengah kesibukan mempersiapkan Monevin dan Audit Manajemen serta persiapan evaluasi dan pembaharuan kurikulum, dalam minggu-minggu ini FH UII telah beberapa kali mendapatkan kunjungan dari berbagai perguruan tinggi baik yang ada di Jawa maupun luar Jawa sehingga beliau berharap nantinya dapat memberikan kepuasan terhadap apa-apa yang akan ditanyakan dan didialogkan. Disamping kegiatan tersebut Dekan juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini Asosiasi Perguruan Tinggi Hukum Indonesia akan mengadakan konggres dan sudah ada rencana konggres tersebut dilaksanakan di FH UII oleh karena itu Dekan berharap FH Univ. Panca Budi dapat segera bergabung. Diakhir sambutannya Dekan menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan. Beliau berharap pertemuan ini akan menjadi buah tangan bagi semuanya  dan apa yang didialogkan akan memberikan manfaat sehingga Pergurun Tinggi di Indonesia akan sejajar dengan Perguruan Tinggi di negara-negara maju.
Hal-hal yang ditanyakan oleh FH Univ. Pembangunan Panca Budi melalui Kaprodi dan beberapa dosen pada acara tersebut diantaranya adalah Temu orang tua-wali mahasiswa baru, temu alumni, kiat-kiat meningkatkan kualitas alumni, peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat, bagaimana sikap FH UII terkait kewajiban menulis bagi mahasiswa S1 di jurnal on-line serta kemungkinan diadakannya kerjasama penulisan karya ilmiah untuk dimuat pada jurnal di kedua institusi untuk lebih mingkatkan keilmuan. Terkait hal ini Dekan FH UII menjelaskan bahwa melalui temu orangtua-wali mahasiswa diharapkan ortu-wali mhs dapat ikut melakukan kontrol terhadap prestasi & proses belajar mengajar mahasiswa melalu system IT yg sudah ada, bagaimana memberikan perhatian dan komunikasi kepada alumni dan pelibatan alumni pada penyusunan kurikulum. Sedangkan Dr. Saifudin, SH., M.Hum menjelaskan terkait sistem kelembagaan dan pusat-pusat studi yang ada, proses pendidikan praktek peradilan, penyelenggaraan PKPA dan proses kerjasama dengan PERADI, penelitian Dosen serta tracer Studi. Sedangkan sistem pengelolaan nilai oleh dosen, proses standarisasi ISO dari TUV, klasiber serta layanan informasi akademik disampaikan oleh Bagya Agung Prabowo, SH., M.Hum..
Acara yang berlangsung interaktif diiringi dengan dialog-dialog yang segar tersebut ditutup pada pukul 17.00 Wib. Dilanjutkan dengan penyerakan cinderamata dan kunjungan ke beberapa fasilitas yang ada di FH UII.