Fakultas Hukum Universitas Kajuruhan Malang Kunjungi FH UII

Kunjungan Kajuruhan Malang ke fh uii
Kunjungan Kajuruhan Malang ke fh uiiKampus FH (24/5), Dekan FH Kanjuruhan Malang, Miya Safitri, S.Pd. M.Hum. beserta rombongan berkunjung ke Fakultas Hukum UII. Turut hadir juga Kaprodi, perwakilan Badan Penjaminan Mutu dan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Diterima langsung oleh Dekan Fakultas Hukum UII didampingi Wakil Dekan dan Juga Kaprodi. Hadir dalam penyambutan Direktur PKBH, Koord. PSMF, Koord. BKKA, dan juga perwakilan dari pengelola Jurnal.
Kunjungan Kajuruhan Malang ke fh uiiSenin 25 Mei 2015, Dekan FH Kanjuruhan Malang, Ibu Miya Safitri, S.Pd. M.Hum. beserta rombongan berkunjung ke Fakultas Hukum UII. Turut hadir juga Kaprodi, perwakilan Badan Penjaminan Mutu dan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Rombongan hadir 30 menit lebih awal dari jadwal yang sudah diperjanjinkan. Rombongan langsung diterima oleh Dekan Fakultas Hukum UII didampingi Wakil Dekan dan Juga Kaprodi. Turut hadir dalam penyambutan tersebut antara lain Direktur PKBH, Koord. PSMF, Koord. BKKA, dan juga perwakilan dari pengelola Jurnal.
Dalam sambutannya, Dekan FH UII menyatakan sangat senang atas kunjungan dari FH Kanjuruhan. Karena kesibukan, Dekan tidak lama kemudian meninggalkan ruang pertemuan setelah saling tukar menukar cindra mata. Dekan FH Kanjuruhan menyatakan sangat berterimakasih atas kesediaan FH UII untuk menerima rombongan dan berbagi ilmu. Ada beberapa hal pokok yang ingin digali dari FH UII antara lain bidang akademik kurikulum, LKBH, pengelolaan mahasiswa dan alumni serta jurnal. Salah satu kesulitan perguruan saat ini yang secara umum dirasakan yaitu penyesuaian kurikulum dengan adanya KKNI yang digagas oleh Dikti.

Bpk. Hanafi selaku kaprodi menjelaskan bagaimana FH UII melakukan penyesuaian dan pengembangan kurikulum dalam rangka mencapai standar KKNI. Antara lain dengan memberikan penekanan kemampuan praktis pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah kemahiran. Sementara Bpk. Rohidin selaku Wadek menjawab soal bagaimana memperoleh jumlah mahasiswa yang besar bahkan berlimpah. Salah satu rahasianya adalah dengan tidak lelah melakukan promosi. Promosi bukan saja dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, namun lebih pada pengenalan produk perguruan tinggi yang dimiliki. Selain itu, kontribusi besar dari peran alumni juga sangat membantu FH UII lebih dikenal oleh masyarakat.

Ada adagium yang selalu berlaku, “kampus besar karena mahasiswanya, kampus dikenal karena alumninya”. Bpk. Zairin selaku Direktur PKBH menyampaikan bagaimana PKBH FH UII mampu eksis dan dikenal masyarakat dengan baik. Banyak kerjasama yang telah dibangun dengan berbagai instansi termasuk lembaga pemerintah terutama bagian hukum dan HAM. Seperti kerjasama dengan Pemda Gunung Kidul. Bpk. Zairin juga menegaskan komitmen PKBH UII untuk tidak menerima tiga jenis kasus, yaitu korupsi, narkotika dan kejahatan kesusilaan. Itu merupakan komitmen moral PKBH FH UII sebagai bagian dari keluarga besar UII, dan dalam rangka turut membangun moral bangsa.

Kunjungan diakhiri dengan peninjauan ke beberapa lokasi di fakultas hukum UII. Pertama rombongan mengunjungi Penerbitan dan Jurnal FH UII. Kedepan, kedua belah pihak berkomitmen untuk saling sharing naskah dalam rangka pengembangan jurnal. Rombongan berikutnya mengunjungi ruang Peradilan Semu dan Diorama. Dijelaskan oleh Bpk. Masyhud Asyhari bahwa Diorama FH UII adalah diorama pertama di Indonesia. Bahkan menurut keterangan utusan dari Afrika pada beberapa waktu lalu yang berkunjung ke FH UII, Diorama UII merupakan yang pertama di dunia. Diorama merupakan laboratorium hukum yang di dalamnya menampilkan berkas-berkas asli dalam dunia hukum seperti putusan, akta, perjanjian, surat ukur dan sebagainya yang bisa diakses langsung oleh mahasiswa.
Pada sesi akhir sebelum pamitan, Kaprodi FH Kanjuruhan mengharapkan hubungan silaturahmi ini dapat berlanjut dengan berbagai kerjasama. Salah satu hal memungkinkan dengan kerjasama penelitian atau kerjasama dalam bidang lain yang akan dibahas secara mendalam terlebih dahulu di internal FH Kanjuruhan. Menanggapi hal tersebut, pihak FH UII sangat terbuka dengan kemungkinan adanya kerjasama tersebut. [syarif_enha@2015]