Tamsis, Kamis, 27 Juli 2017, hadir di Ruang Sidang VIP Fakultas Hukum UII rombongan besar dari Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Turut hadir Dr. Darmawati selaku Dekan, Bpk. Mrjani selaku Wakil Dekan, dan juga beberapa dosen dan Kabag hingga tidak kurang 15 orang silaturahmi ke Fakultas Hukum UII. Dari FH UII menyambut langsung Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum. selaku Dekan didampingi Hanafi Amrani, SH., MH., LL.M., Ph.D. selaku Kaprodi dan Syarif Nurhidayat, SH., M.H. Selaku Direktur Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni (BKKA). Turut menyambut juga Bpk. Budi Agus Riswandi selaku Direktur PusHKI UII sekaligus narahubung dengan pihak IAIN Samarinda.

Dalam sambutannya Dr. Darmawati menyampaikan maksud kehadirannya di FH UII yakni untuk mendapatkan gambaran pengalaman dalam hal penyesuaian Kurikulum berbasis pada KKNI yang ternyata dalam implementasinya tidak mudah. Selain itu, secara umum juga untuk mendapatkan pengalaman pengelolaan fakultas dengan lebih baik. Dr. Aunur Rohim dalam sambutannya menyatakan bahwa institusi pendidikan yang baik dan kuat bersaing, kebanyakan adalah yang konsisten dengan idealisme dasarnya ketika mereka dibangun. Sehingga adanya berbagai perubahan tidak boleh meninggalkan idealisme dasar institusi.

Bpk. Hanafi Amrani menyampaikan gambaran mengenai gambaran besar kurikulum di fakultas hukum yang saat ini berjalan. Sebelumnya telah dijelaskan struktur FH UII secara garis besar oleh Dekan. Bpk. Hanafi menceritakan struktur mata kuliah yang ada di FH UII saat ini, mulai dari yang wajib, pilihan wajib, pilihan bebas, sampai pada mata kuliah yang bersifat praktis.

Dalam diskusi, tukar informasi dan pengalaman terjadi dalam suasana yang cukup hangat. Pada akhir sesi, dilakukan tukar menukar cinderamata dari masing-masing kampus. Forum diakhiri dengan berfoto bersama. Semoga silaturahmi dan tukar pengalaman ini bermanfaat dan barokah untuk kedua belah pihak. Amin. (Syarif-NH)