Mahasiswa Baru 2018 FH UII Wajib Mengikuti PNDI

Tamansiswa (30/08) Mahasiswa Baru Fakultas Hukum UII wajib mengikuti Pendalaman Nilai-nilai Dasar Islam (PNDI). Kegiatan ini diselenggarakan pada Jum’at s.d Sabtu, 31 Agustus s.d 1 September 2018 di Kampus Fakultas Hukum UII Jl. Tamansiswa No. 158 Yogyakarta mulai pukul 07.00 WIB.

PNDI wajib diikuti yang karena salah satu materi di dalamnya terdapat pengayaan dan penilaian terhadap kemampuan dasar keislaman. Kemampuan membaca Al-Quran dan hafalan Quran serta Pengetahuan dan Praktik Ibadah merupakan nilai dasar yang dipandang harus dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Hukum UII.

Dalam PNDI mahasiswa akan mendapatkan motivasi dalam meneguhkan visi misi dalam kehidupan. Memberikan dasar dan pemahaman terhadap makna dan fungsi hidup manusia. Hal ini akan menjadi satu pemahaman yang diharapkan dapat dipegang tuguh oleh manusia bahwa hidup manusia dalam koridor ibadah. Bentuk aktivitas yang dilakukan dalam keseharian mencerminkan pengabdian kepada Alloh SWT. Mewujudkan sifat Nabiullah Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamiin dalam gerak dan langkahnya.

Maka materi tauhid, ibadah, dan persoalan agama merupakan pengetahuan yang diajarkan. Metode diskusi menjadi sangat penting karena persoalan agama keseharian dialami mahasiswa. Mulai dari persoalan ibadah sampai mu’amalah atau interaksi dengan sesama manusia, dari hablum minallah sampai hablum minannas.

Pada keesokan harinya akan dilanjutkan kegiatan studi skill. Adalah pengenalan terhadap pola belajar, proses pembelajaran, dan kiat cepat menyelesaikan studi. Selain itu bagi mahasiswa yang berasal dari luar jogja, akan dikenalkan sekilas tentang Jogja, budaya dan karakteristik masyarakat Jogja. Karena mereka akan menjadi bagian dari masyarakat Jogja setidaknya selama 4 tahun ke depan.

Adapun jadual pelaksanaan dan rundown acara dapat didownload pada tautan ini.