Debat Nasional Public Expo

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasinya di kancah nasional. Prestasi tersebut diraih Alamsyah Nurahmad Putra (2014), Nanang Ardyansa (2014), dan Yuniar Riza Hakiki (2014) dengan pembimbing Allan Gathan S.H.,M.H. yang tergabung dalam Tim Debat FKPH FH UII. Tiga mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UII tersebut sukses meraih Juara I Debat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar dengan tema yang di usung Kontekstualisasi Janji-Janji Kemerdekaan melalui nilai-Nilai demokrasi.

Debat tersebut dilaksanakan pada Hari Kamis – Sabtu, 3 – 5 Mei 2018 di Universitas Negeri Makassar diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administarsi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dalam rangkaian public Expo. Sedangkan hadiah diserahkan pada malam puncak pada tanggal 6 Mei 2018.

Lomba debat ini diawali dengan seleksi esai untuk merebutkan 8 tim yang lolos di babak penyisihan. Universitas yang lolos 8 besar diantaranya adalah Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya, Universitas Brawijaya, Universitas Hassanudin, Universitas gorontalo, dll. Untuk sampai menjadi juara I, UII harus mengalahkan  universitas unggulan seperti universitas Airlangga di babak semifinal dan Universitas Sriwijaya di babak grandfinal.

Salah satu anggota tim, Nanang Ardyansa ucapan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dari segi moril dan non moril,

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami, di sisi lain perlombaan ini menjadi ajang untuk mengatahui kualitas ilmu yang telah didapat. Karena sejatinya ilmu tanpa penerapan tidak ada gunanya, semoga gagasan saat lomba dapat untuk dipergunakan untuk hukum dan politik yang lebih maju”, tuturnya.

Lebih lanjut Yuniar Riza Hakiki, berharap kemenangan ini adalah untuk memberikam motovasi yang lebih.

“Alhamdulilah semoga apa yang diraih dapat memotivasi teman-teman khususnya adik tingkat agar terus mengukir prestasi,” paparnya

Sementara Alamsyah Nurahmad Putra sebagai ketua tim menyampaikan rasa syukur kepada Allah atas keberhasilannya.

“kami sangat senang sekali dapat mempersembahkan piala juara I dan dapat mengharumkan nama UII, khusunya fakultas hukum. Kami meyakini usaha tidak akan menghianati hasil, nikmati semua proses InsyaAllah kesuksesan menanti di depan mata ”, ungkapnya.